Cara Ngeprint Lewat Hp Sangat Mudah dan Tidak Ribet

Posted on

Cara ngeprint lewat Hp kini semakin mudah. Sekarang anda dapat langsung menghubungkan printer lewat smartphone anda. Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, segala sesuatu semakin dimudahkan. Untuk mencetak dokumen, anda tidak perlu menggunakan flashdisk lagi.

Cara Ngeprint Lewat Hp Sangat Mudah dan Tidak Ribet
Cara Ngeprint Lewat Hp
Foto : blog.dimensidata.com

Cara Ngeprint Lewat Hp dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Inovasi dalam bidang teknologi semakin lama semakin berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah pencetak dokumen. Saat ini anda dapat langsung menggunakan ponsel anda untuk melakukan cetak atau print dokumen.

Berbagai jenis merek ponsel pun bisa digunakan, serta berbagai merek printer juga dapat anda hubungkan dengan ponsel anda. Ada beberapa cara ngeprint lewat Hp, mulai dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan menggunakan kabel maupun nirkabel atau tanpa kabel. Jika anda memilih untuk menggunakan kabel, anda harus memiliki USB atau OTG yang tentunya harus cocok dengan ponsel.

PrintShare Premium

Merupakan sebuah aplikasi pihak ketiga yang akan memudahkan anda dalam mencetak dokumen. Cara simpel dan hemat waktu ini dapat anda lakukan hanya melalui ponsel anda. Tanpa perlu menyalakan PC atau menggunakan kabel dalam proses cetaknya.

Aplikasi ini gratis dan dapat mencetak dokumen dari beberapa jenis file. Seperti Ms Office, PDS, PS, rtf, halaman web beserta file lainnya. Tidak hanya dokumen saja, anda juga dapat mencetak foto melalui aplikasi ini.

Cara yang Mudah Tanpa Ribet

Pertama adalah pastikan anda mengunduh aplikasi PrintShare Premium terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa anda unduh dengan gratis via Play Store. Kelebihan dari aplikasi ini adalah banyaknya support ribuan tipe printer dari berbagai merek yang ada di Indonesia.

Koneksi ponsel ke printer anda dapat menggunakan beberapa pilihan. Diantaranya memakai kabel USB, Bluetooth atau koneksi WiFi. Jika printer anda belum menggunakan sharing, maka anda dapat menggunakan kabel USB.

Jika kamu menggunakan fitur WiFi, sambungkan koneksi dengan printer. Apabila sudah tersambung kemudian buka aplikasi pihak ketiga ini. Pada saat aplikasi sudah terbuka, anda dapat memilih Printer Select pada bagian pojok kanan bawah aplikasi.

Setelah itu akan muncul menu Select Printer dan pilih Nearby WiFi. Tunggu beberapa saat proses scanning printer kemudian pilih printer yang akan digunakan. Jika sudah muncul notifikasi User Action Required, makan anda tinggal memilih Use Generic, kemudian klik Yes untuk selanjutnya mendownload driver. Tunggu hingga muncul notifikasi Congratulations! Your printer is configured ready, setelah itu pilih Skip.

Selanjutnya anda harus kembali pada menu utama dan pilih Documents. Kemudian pilih Memori Perangkat atau Kartu SD tergantung anda menyimpan file yang akan anda cetak dimana. Setelah ketemu, kemudian pilih file yang anda ingin cetak.

Cetak Dokumen Sekali Klik

Cara ngeprint lewat Hp selanjutnya anda akan diarahkan pada notifikasi yang akan membuat anda mendownload preview file yang akan anda print. Pilih Yes dan tunggu hingga proses ini selesai.

Setelah itu kik Option untuk mengatur ukuran kertas. Bila semua sudah sesuai dengan yang anda inginkan, anda dapat memilih menu Print dan berapa jumlah lembar yang ingin anda cetak. Sangat simpel dan mudah, anda hanya tinggal menunggu proses print selesai.

Kemudahan dalam mencetak dokumen saat ini tentu sangat menguntungkan untuk anda. Selain hemat waktu, anda tentunya dapat melakukan hal tersebut di rumah, sehingga lebih hemat biaya. Tidak perlu ribet harus pergi ke rental komputer lagi.

Cara ngeprint lewat Hp yang sederhana dan tidak membutuhkan kemampuan khusus tentunya membuat anda dapat melakukan cetak dokumen tanpa bantuan orang lain.