Menghubungkan Aplikasi ke Printer, Efektifkan Kebutuhan Print Out

Posted on

Menghubungkan aplikasi ke printer dapat anda lakukan dengan mudah. Selain memastikan jenis printer yang anda gunakan, anda juga perlu memastikan apakah perangkat printer telah terkoneksi dengan ponsel atau tablet. Ponsel atau tablet ini berfungsi untuk mengoperasikan aplikasi print yang akan anda gunakan.

Menghubungkan Aplikasi ke Printer
dev.to

Cara Menghubungkan Aplikasi ke Printer Mudah

Hadirnya perangkat printer tentu akan semakin mempermudah pekerjaan dalam mencetak salinan dokumen. Dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup pesat, saat ini melakukan print out menjadi sangat praktis dengan adanya perangkat printer modern. Alat printer modern tersebut hadir dengan menggunakan jaringan nirkabel atau bluetooth.

Dengan demikian, hal ini sangat memungkinkan untuk melakukan print out menggunakan perangkat HP. Aplikasi printer pada smartphone sebenarnya telah dimasukkan secara bawaan atau baku. Namun pengguna terlebih dahulu harus melihat kembali pengaturan aplikasi printer pada smartphone yang digunakan.

Dari banyaknya kasus, ternyata aplikasi bawaan tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal, sehingga para pengguna lebih memilih untuk mengunduh aplikasi print. Terdapat beragam jenis aplikasi print yang dapat anda gunakan, salah satunya adalah aplikasi Pawoon.

Pengaturan Printer Melalui Aplikasi Pawoon

  1. Caranya dengan menekan menu bar yang terdapat pada bagian kiri atas laman pesanan anda.
  2. Selanjutnya klik “Pengaturan” yang kemudian anda akan diarahkan pada laman utama pengaturan.
  3. Apabila anda sudah pernah menghubungkan aplikasi dengan printer, salah satunya pada aplikasi Pawoon, maka akan muncul daftar perangkat printer yang langsung dapat anda koneksikan. Akan tetapi jika anda belum pernah menghubungkan perangkat printer dengan aplikasi, maka anda harus klik “Hubungkan Printer” untuk memulai proses pemindaian.
  4. Proses berikutnya, akan ada dua opsi jenis printer yang dapat anda pilih. Sesuaikan jenis printer yang anda miliki serta pilih jenis printer.
  5. Sebelum menghubungkan printer dan aplikasi Pawoon, maka anda harus menghubungkan perangkat printer dengan rounter internet menggunakan kabel LAN.
  6. Setelah printer terhubung pada kabel LAN, selanjutnya hubungkan ponsel dengan koneksi internet. Pastikan koneksi yang anda gunakan berasal dari router yang sama dengan yang terhubung pada printer.
  7. Selanjutnya setelah berhasil terhubung, masuk ke aplikasi Pawoon dan menuju ke menu “Setting”
  8. Pilih opsi Printer serta klik “Hubungkan Printer”
  9. Lakukan test printer untuk memastikan printer siap anda gunakan. Jika berhasil, anda pun dapat menggunakan printer untuk berbagai kebutuhan anda.

Mengatasi Kendala Saat Menghubungkan Aplikasi ke Printer

Apabila terjadi kendala dalam menghubungkan aplikasi Pawoon dengan perangkat printer yang anda gunakan, maka anda dapat mencoba untuk mengecek IP adress yang terdapat pada WiFi. Untuk mengetahui apakah perangkat printer anda telah mempunyai IP addres atau belum, berikut ini yang dapat anda lakukan untuk melakukan pengecekan:

  • Pastikan kondisi printer yang anda gunakan dalam keadaan menyala serta telah terisi kertas struk thermal
  • Selanjutnya tekan lubang kecil yang terdapat pada belakang printer selama beberapa detik hingga keluar struk informasi. Untuk menekannya, anda dapat menggunakan bolpoin
  • Jika pada keterangan struk telah mempunyai IP address serta kondisi DHCP telah enabled, maka printer tersebut sudah dapat anda gunakan. Akan tetapi jika belum mempunyai IP Addres, maka anda harus memperoleh IP Addres dengan memastikan perangkat printer dengan smartphone berada dalam satu koneksi internet yang sama.

Dengan menghubungkan aplikasi ke printer, hal ini tentu akan semakin memaksimalkan kinerja printer anda. Maka semua kebutuhan print out anda pun akan terpenuhi dengan baik dan cepat.