Cara Mengisi Tinta Printer ke Tangki dan Non Tangki dengan Mudah

Posted on

Sebenarnya ada banyak cara mengisi tinta printer yang bisa kamu lakukan. Namun, pengisian harus dilakukan dengan baik agar tidak merusak komponen printer. Jangan sampai tinta yang habis menimbulkan masalah bagi kamu.

Lakukan isi ulang tinta printer dengan teknik yang baik dan benar. Sehingga kamu bisa menggunakan kembali printer sesuai dengan fungsinya. Ternyata kamu bisa mengisi ulang tinta secara mandiri tanpa harus membawanya ke tukang service.

Cara Mengisi Tinta Printer ke Tangki dan Non Tangki dengan Mudah
Cara Mengisi Tinta Printer. Foto: Ist/Net

Cara Mengisi Tinta Printer yang Mudah dan Awet

Printer biasanya memiliki tangki tinta yang akan memberikan hasil warna saat mencetak pada kertas. Pada dasarnya ada dua tipe printer yang sering digunakan. Ada tangki tinta dengan klep penutup dan tangki tinta langsung berupa cartridge.

Printer yang biasanya dilengkapi dengan tangki adalah keluaran terbaru mulai 2018 ke atas. Nah, ada metode sendiri yang bisa kamu gunakan untuk mengisi ulang tinta pada printer tersebut. Berikut adalah caranya:

  1. Kamu harus mematikan printer terlebih dahulu agar terhindar dari error.
  2. Melepas tangki dari tempat terpasangnya. Pastikan agar sisi lubang pengisian berada pada posisi atas.
  3. Kamu harus membuka klep penutup tangki lalu menyuntikkan tinta ke dalamnya. Tentu saja kamu harus menyuntikkan tinta sesuai dengan warna yang ada.
  4. Kamu bisa menutup kembali penutup tangki pada printer. Usahakan agar penutup bisa rapat ataupun bocor.
  5. Pasang kembali tangki yang sudah kamu copot ke posisi sebelumnya dan jangan lupa untuk mengunci.
  6. Nyalakan printer yang sudah diisi ulang dengan tinta. Namun, sebelum menggunakannya agar menunggu beberapa saat agar cartridge menyedot tinta terlebih dahulu.
  7. Ingat! Akan lebih baik melakukan pengisian tinta jika isinya sudah benar-benar kosong.

Cara Mengisi Tinta Printer ke Cartridge Secara Langsung

Beberapa merek printer ada yang tidak memiliki tangki tinta. Biasanya langsung mengisikan tinta ke cartridgenya. Bahkan ada juga yang sekalian memasang cartridge baru untuk printer.

Kamu dianjurkan untuk memasang cartridge baru karena lebih mudah dan jarang rusak. Namun, perlu diketahui bahwa harga cartridge cukup mahal. Jika kamu membeli 3-5 cartridge, bisa digunakan untuk membeli printer baru.

Cara mengisi tinta printer dengan menyiapkan tinta yang akan diisikan terlebih dahulu lengkap dengan syringe atau suntikannya. Pastikan bahwa tinta yang akan kamu isikan sudah kompatibel dengan merek printer. Pasalnya, salah memilih tinta bisa menyebabkan printer error dan tidak bisa digunakan lagi.

Langkah

  1. Nyalakan printer yang akan diisi tinta dan tunggu sebentar sampai posisi stand by.
  2. Selanjutnya kamu bisa membuka penutup printer dan pastikan bahwa cartridge sudah berada di posisi tengah.
  3. Lepaskan cartridge yang akan diisi ulang sesuai dengan kebutuhan. Caranya dengan menekan bagian kepala cover hingga terbuka. Kamu cukup mengeluarkan cartridge dari dudukannya.
  4. Usahakan kamu tidak menyentuhkan tangan dan benda apapun ke sirkuit di bagian belakang cartridge. Pasalnya, sirkuit itu berhubungan langsung dengan sensor printer.
  5. Cara mengisi tinta printer berikutnya dengan membuka stiker penutup cartridge. Kemudian suntikkan tinta printer pada lubang yang berada di atas kantong tinta.
  6. Jika menyuntikkan cartridge hitam lubang tinta akan jelas terlihat seperti titik. Kamu bisa membolongnya menggunakan jarum atau bor kecil agar jarum suntikan bisa masuk.
  7. Sedangkan untuk cartridge berwarna, usahakan posisi kantong magenta berada di paling belakang. Sedangkan bagian depannya adalah kantong cyan dan yellow. Kamu bisa menyusunnya berurutan dari kiri ke kanan.
  8. Pastikan bahwa kamu mengurutkan tinta sesuai dengan warnanya. Jika salah, bisa menurunkan kualitas printer yang cepat rusak.
  9. Isikan tinta sesuai dengan porsinya dan tidak berlebihan. Biasanya tinta warna hitam berisi 10-15 ml. Sedangkan tinta warna lain berisi masing-masing 3-5 ml.
  10. Cara mengisi tinta printer berikutnya dengan membersihkan cartridge dengan tisu. Kemudian kamu bisa memasangnya kembali pada dudukan.