HP Deskjet 1000 J110a, Pasang Infus Agar Tinta Menjadi Lebih Awet

Posted on

HP Deskjet 1000 J110a merupakan printer yang cocok untuk keperluan rumah atau kantor dengan pemakaian yang tidak terlalu berat. Mirip seperti biasanya, printer HP Deskjet ini memakai catridge yang mana langsung menyatu pada print head. Secara aturan satu catridge hanya untuk 1 kali pemakaian. Sehingga ketika nanti sudah habis tintanya, kalian harus membeli catridge yang baru.

Salah satu cara untuk menyiasati agar pemakaian lebih awet adalah dengan mengisi ulang tinta pada cartridge sesuai dengan warnanya. Pengisian tinta dengan cara menyuntikan tinta pada cartridge yang tintanya sudah habis. Daripada penasaran, sebaiknya simak ulasannya berikut ini.

Hp Deskjet 1000 J110a, Pasang Infus Agar Tinta Menjadi Lebih Awet
arenaprinter.com

Cara Pasang Infus Pada HP Deskjet 1000 J110a Agar Tinta Awet

Pengisian tinta dengan cara menyuntikkan tinta pada cartridge menggunakan suntikan ternyata kurang efektif. Terutama untuk pengguna yang malas melakukan pengecekan. Terlebih lagi pengisian tinta ini akan menyebabkan tangan menjadi kotor dan belepotan. Lalu seperti apa caranya agar tinta pada printer tidak cepat habis? Tentunya dengan menggunakan infus.

Dengan sistem infus ini pengisian tinta tidak lagi menyuntikkan pada cartridge. Namun telah tersedia tabung khusus untuk menampung tinta. Sehingga bagian catridge tidak akan mengalami kekosongan karena tinta pada tabung ini akan terus mengalir.

Perlu kalian ketahui, untuk memasang infus ini, langkah pertama harus dengan memodifikasi printer terlebih dahulu. Jika kalian jarang menggunakan printer, sebaiknya jangan lakukan modifikasi printer menjadi infus. Namun jika pemakaian printer HP Deskjet 1000 J110a sangat intens, cara ini sangat efektif agar tinta tidak mudah habis. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk melakukan pemasangan infus pada printer:

Cara Memasang Infus dengan Memodifikasi Cartridge

– Buka cover atas printer Deskjet 1000 J110a dengan membuka 4 baut pengunci, menggunakan obeng bintang

– Lepaskan cartridge dari dudukannya lalu lapisi bagian nozzle dan pin menggunakan plastik supaya tidak tergores saat melakukan modifikasi

– Lepaskan striker penutup catridge dan terlihat beberapa lubang. Lubang tengah adalah  jalur supply dari tabung tinta eksternal. Sementara lubang di pinggir dengan jumlah 4 buah adalah lubang untuk udara

– Lakukan modifikasi pada bagian cartridge dengan memperbesar kelima lubang itu.

– Tutupi lubang udara menggunakan karet penutup cartridge atau lem tembak. Potong penutupnya setengah bagian agar penutup menjadi ada lubangnya dan tutup menggunakan penutup cartridge. Pada tahap ini jangan lupa memasang knee L nya.

– Modifikasi cartridge warna hitam pada printer HP Deskjet 1000 J110a telah selesai, selanjutnya memodifikasi cartridge tinta warna

– Buat lagi satu lubang untuk tinta warna merah lalu pasang karet penutup lubang udara dan karet knee L nya.

– Tahap selanjutnya pemasangan selang infus dengan hati-hati agar tinta tidak tertukar.

– Jika pemasangan selesai, buat lubang pada pojok atas kiri rumah catridge.

– Siapkan paper clip untuk pengait lubang infus agar selang bisa tertahan dan sedikit menekuk ke bawah.

– Selanjutnya pasang penyangga infus agar selang tidak tersangkut pada rumah cartridge

– Setelah proses di atas selesai, saatnya pengisian tinta pada tabung yang telah terhubung dengan infus.

– Jika mempunyai dumper, pasanglah dan letakkan berdekatan agar aliran tinta menjadi satu arah.

– Terakhir buatlah lubang pada casing printer menggunakan cutter. Tujuannya sebagai tempat selang infus.

– Proses ini sudah selesai dan kalian bisa menutup kembali printer yang telah terbongkar tadi. Selanjutnya lakukan pengetesan apakah printer HP Deskjet 1000 J110a bekerja dengan normal atau tidak.