Cara Deep Cleaning Printer, Ampuh Hasilkan Cetakan Berkualitas

Posted on

Cara deep cleaner printer bisa kalian lakukan apabila cara cleaning saja tidak ampuh untuk memperbaiki hasil cetakan. Kalian pasti pernah mencetak dokumen atau foto namun hasilnya buram, banyak bercak bahkan hasil printer bergaris. Nah, hal itulah yang mengharuskan kalian untuk melakukan deep cleaning agar print bisa berfungsi dengan normal kembali.

Mengapa harus deep cleaning? Sebelum kita bahas lebih lanjut, akan kami jelaskan terlebih dulu perbedaan cleaning dan deep cleaning. Karena dalam jendela maintenance print, terdapat dua kategori cleaning, yaitu cleaning dan deep cleaning.

Cleaning adalah proses untuk membersihkan head dari tinta yang menghambat jarum head printer. Sementara deep cleaning adalah kadar pembersihannya. Dengan menjalankan deep cleaning, maka kadar pembersihan printer kalian akan lebih maksimal.

Cara Deep Cleaning Printer
Foto: Ist/Net

Inilah Cara Deep Cleaning Printer Agar Hasil Cetakan Maksimal

Terdapat dua tindakan yang bisa kalian lakukan untuk membuat daya tahan head printer tetap prima. Hal yang pertama dan sangat menentukan adalah dengan merawatnya sebaik mungkin. Cara kedua adalah dengan tindakan penyembuhan head printer apabila terlanjur bermasalah.

Head printer merupakan suatu komponen dengan peran yang sangat vital. Karena bagian ini berfungsi untuk mengeluarkan tinta saat proses pencetakan dokumen maupun foto tengah berlangsung. Sehingga baik tidaknya hasil cetakan tergantung keadaan head printer yang kalian gunakan.

Intinya, apabila head printer bermasalah, maka hasil cetakan tidak akan maksimal. Namun perlu kalian ingat, cara deep cleaning printer ini perlu kalian lakukan saat keadaan mendesak saja.

Langkah Deep Cleaning

  1. Awali dengan mengklik “Start” dari desktop Windows kalian
  2. Cari “Devices and Printers”
  3. Selanjutnya klik pada bagian printer yang telah kalian install di komputer atau laptop kalian, lalu klik “Properties”
  4. Kemudian pilih “Maintenance” tab dan klik bagian “Deep Cleaning”
  5. Pada saat kalian melakukan klik, printer akan mulai mengeluarkan suara seperti sedang mencetak sesuatu padahal sebetulnya tidak ada yang tercetak
  6. Tunggu hingga printer selesai mengeluarkan suara tersebut. Akan ada konfirmasi bahwa proses “Deep Cleaning” telah selesai
  7. Setelah itu, kalian bisa mencoba menjalankan “Nozzle Check” dari “Maintenance” tab untuk memastikan bahwa saluran tinta printer benar-benar beres
  8. Apabila pola yang tercetak sangat jelas, maka perbaikan telah sempurna. Namun jika setelah melakukan cara deep cleaning printer, pola masih belum jelas juga, maka matikan printer selama 24 jam. Jika sudah, coba kembali dengan mencetak “Nozzle Check”

Kemungkinan besar cetakan akan kembali jelas seperti semula. Karena beberapa tinta membutuhkan waktu untuk berfungsi kembali setelah proses deep cleaning.

Tujuan Deep Cleaning

Cara deep cleaning printer sebenarnya tidak baik jika terlalu sering kalian lakukan. Karena cara ini merupakan langkah terakhir pada saat head printer mengalami kerusakan berat. Head cleaning sendiri merupakan proses membuang dan membersihkan tinta yang mengendap lalu menggumpal di bagian cartridge.

Sehingga proses cetak melalui catridge akan berjalan dengan lancar dan tinta bisa keluar secara maksimal. Sayangnya proses head cleaning ini memiliki kelemahan, yaitu cepat menguras tinta.

Head cleaning ini juga termasuk proses pembersihan yang mendalam. Namun tak jarang proses ini memiliki kemungkinan untuk gagal. Karena itulah, untuk memaksimalkan hasil dari head cleaning ini, kalian perlu melakukan cara deep cleaning printer. Karena cara ini merupakan langkah terakhir ketika berbagai cara telah kalian coba, namun tidak memberi hasil terbaik terhadap kualitas cetakan.