Cara Print Excel Agar Full Kertas pada Microsoft Office 2007

Posted on

Cara print Excel agar full kertas sebenarnya bukanlah perkara yang sulit, asalkan cara mengatur ukuran margin sudah benar. Mengatur ukuran margin tentunya setelah mengatur orientasi dan memilih ukuran kertas. Setelah ketiga hal tersebut selesai, barulah kalian bisa mengatur seperti apa tampilan saat akan tercetak nanti.

Pengaturan tampilan dokumen Excel berkaitan erat dengan pengaturan lebar kolom yang kalian gunakan. Sebab hasil cetakan biasanya akan lebih enak untuk membacanya jika semua kolom dapat tampil secara maksimal. Tentunya tanpa menyisakan satu atau dua kolom berukuran kecil pada halaman berikutnya.

Untuk mengatur hasil cetakan Excel, kalian bisa menggunakan fasilitas scaling. Dengan fasilitas tersebut, kalian bisa mengatur besar atau kecilnya dokumen pada saat pencetakan. Sehingga hasil cetakan bisa sesuai dengan keinginan.

Cara Print Excel Agar Full Kertas
kusnendar.web.id

Inilah Cara Print Excel Agar Full Kertas

Terkadang melakukan pencetakan lembar kerja Excel dalam suatu kertas, akan mendapatkan hasil yang tidak maksimal. Misalnya saja ada bagian yang terpotong sehingga sulit untuk terbaca. Untuk sebagian pengguna Microsoft Excel, proses pencetakan dokumen biasanya juga sering terjadi masalah yang tidak lazim.

Microsoft Excel sendiri biasanya menyediakan banyak opsi untuk mengatur bagaimana file Excel akan kalian print atau cetak. Sehingga tidak hanya sekedar ctrl + P lalu Print atau Enter saja. Bagi kalian yang menggunakan Microsoft Office 2007 atau yang lebih baru, kalian bisa membuat hasil cetakan agar bisa menampung semua kolom dalam satu lembar kertas. Nah, bagaimana cara print Excel agar full kertas dan hasil terlihat rapi sesuai dengan keinginan? Berikut caranya:

Langkah yang Bisa Kalian Lakukan

  1. Atur margin, orientasi serta ukuran kertas terlebih dahulu
  2. Pilih area yang akan kalian cetak dengan cara memblok seluruh sel yang akan kalian cetak. Lalu klik ribbon Page layout dan klik tombol Print Area
  3. Selanjutnya pilih Set Print Area. Atau kalian juga bisa menekan tombol ALT + P lalu tekan huruf R, S
  4. Setelah itu klik tab ribbon Page Layout
  5. Kemudian pada group Scale to Fit, ubah isi kotak Width menjadi 1 page. Dengan begitu, saat dokumen kalian print, maka semua kolom akan menjadi tampilan dalam 1 lembar kertas.

Tips Mencetak Kolom Excel Mengikuti Lembar Kertas

Sebelum mengatur scaling kalian harus mengatur orientasi, ukuran, serta margin kertas terlebih dahulu. Hal ini agar kalian tidak perlu lagi mengulangi proses scaling pencetakan. Sehingga cara print Excel agar full kertas ini bisa langsung kalian lakukan tanpa mengatur orientasi lagi.

Selain itu, dengan cara yang serupa kalian juga bisa melakukan pengaturan agar semua baris bisa tampil sesuai dengan tinggi kertas. Jika kalian menggunakan Microsoft Office 2003, kalian harus mencoba secara manual. Sehingga kalian harus terus mencoba hingga ukuran kertas dalam pencetakan sesuai dengan keinginan.

Hal yang Perlu Kalian Perhatikan Sebelum Mencetak

  1. Pisahkan isian data yang hanya akan kalian gunakan sebagai database dengan data yang akan kalian print out
  2. Pastikan ukuran kertas di excel dengan kertas printer sudah sesuai
  3. Tentukan margin atau batas cetak
  4. Gunakan Page Layout View untuk melihat tampilan hasil cetak
  5. Untuk dokumen dengan banyak kolom gunakan Landscape Orientation
  6. Jika halaman cukup panjang, pastikan pergantian setiap halaman sudah sesuai keinginan
  7. Gunakan pengaturan skala pencetakan untuk mengatur skala hasil cetak.

Jika sudah melakukan langkah tersebut, maka cara print Excel agar full kertas bisa segera kalian lakukan.