Cara Menghentikan Proses Printing Melalui Microsoft Word

Posted on

Cara menghentikan proses printing masih menjadi pertanyaan pada saat melakukan proses cetak-mencetak. Pasalnya, tak sedikit yang pernah melakukan kesalahan dalam mencetak jumlah dokumen. Sehingga ketika tengah berlangsung proses pencetakan, sering merasa bingung bagaimana cara untuk menghentikannya.

Masalah seperti ini sering terjadi karena keteledoran sendiri yang kurang teliti saat melakukan pencetakan dokumen. Selain itu, banyak alasan yang menjadi penyebab untuk kita menghentikan proses printing. Misalnya saja karena kesalahan mencetak dokumen, jumlah settingan yang akan kita perbanyak salah, bahkan terlalu banyak juga bisa.

Terkadang juga bisa terjadi karena adanya file yang belum rapi, namun terlanjur tercetak. Kesalahan-kesalahan itulah yang mengharuskan kita untuk melakukan pembatalan proses printing. Tentunya agar tidak menjadi mubazir karena cetakan terlalu banyak sehingga hanya akan terbuang.

Kesalahan seperti ini juga bisa membuat printer menjadi boros tinta sehingga kita yang akan rugi. Untuk itulah perlunya mencari tahu mengenai cara yang benar untuk menghentikan proses printing.

Cara Menghentikan Proses Printing
carispesifikasi.com

Inilah Cara Menghentikan Proses Printing Dengan Langkah Mudah

Menghentikan printer atau mematikannya tentu tidak bisa kita lakukan dengan sembarangan. Salah-salah justru hal ini bisa berakibat fatal pada printer yang kita miliki. Bisa saja printer kita atau salah satu komponennya mengalami kerusakan.

Dalam keadaan panik biasanya kita akan mematikan printer dengan cara mencabutnya atau menarik kertas yang sudah masuk ke area print. Langkah tersebut tentunya sangat salah dan sebelum terlanjur melakukannya, sebaiknya jangan tertarik untuk menirunya.

Ada beberapa cara agar tidak menimbulkan permasalahan baru ketika ingin menghentikan proses printing. Namun sebelum kita membahas cara tersebut, kita harus tahu dulu apa yang tidak boleh kita lakukan. Karena seringkali kecerobohan berujung kerusakan pada sebuah printer maupun komponennya.

Hindari Melakukan Hal Berikut Ini

  • Mencabut kabel power printer secara langsung
  • Menekan tombol power pada saat printer sedang dalam proses cetak
  • Memaksa untuk menarik kertas ketika sudah memasuki daerah cetak print
  • Menekan tombol tambahan pada indikator printer untuk mengeluarkan kertas yang sedang dalam proses printing.

Cara tersebut biasanya sering terjadi pada orang awam atau yang tidak begitu paham dengan printer. Namun tanpa kita sadari, cara itu akan memberi dampak buruk pada printer karena akan menyebabkan printer cepat rusak.

Cara yang Benar untuk Menghentikan Proses Cetak

Beberapa langkah berikut dapat kita praktikkan setelah printer melakukan proses cerak 50% ataupun belum melakukan proses cetak.

Cara pertama untuk menghentikan proses printing adalah dengan menghentikan proses pengiriman dari data Word. Hal ini jika kita melakukan proses printing melalui Microsoft Word. Caranya dengan menekan tombol (x) pada bagian kanan bawah.

Selanjutnya kita bisa membatalkan proses cetak dengan melakukan “Cancel” pada kotak dialog printer (pemberitahuan proses cetak). Untuk dapat menampilkan kotak dialog kita bisa melihat bagian sisi kanan display komputer atau kita juga bisa membukanya secara manual.

Untuk Windows Vista (Klik start button –  control panel –  double click printers –  buka dialog printers yang kita gunakan untuk mencetak)

Windows XP (Klik start button – pilih Printers and Faxes. Lalu double click pada printer yang kita gunakan untuk mencetak)

Pada Windows 7 (Klik start button – Devices and Printers – klik kanan Devices and Printers dan klik item See what’s printing)

Saat kotak printing sudah terbuka, maka kita bisa menghentikan semua proses printing dengan memberikan perintah Cancel.