Cara Menginstal Driver Printer HP Laserjet P1102 Secara Offline

Posted on

Bagi kalian yang baru menggunakan printer HP Laserjet P1102 mungkin akan sedikit bingung untuk menginstalnya. Karena dari pabrikan memang tidak memberi CD instal driver printer HP Laserjet P1102. Sehingga butuh keahlian untuk dapat menginstalnya.

Banyak kasus dari beberapa pengguna yang mencoba download dari internet, namun printer HP P1102 tetap saja tidak mau bekerja. Perlu kalian ketahui, driver HP Laserjet ini adalah offline installation. Hal ini karena saat kalian menginstal driver, tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali.

Perlu kalian ketahui bahwa P1100 driver merupakan bagian dari driver untuk printer HP Laserjet P1102. Hal ini karena Laserjet P1102 merupakan bagian dari P1100 Series. Sehingga cara menginstal keduanya pun bisa terbilang sama.

HP Laserjet P1102
youtube.com

Banyak yang Belum Tahu, Instal Driver HP Laserjet P1102 Tidak Membutuhkan Internet

Perlu kalian ketahui bahwa pada produk HP P1102 tidak lagi menyertakan driver hardware bersama perangkat keras. Karena hal tersebut memiliki banyak kelemahan seperti rusak dan hilangnya CD atau DVD. Sehingga pemilik harus mendownload drivernya dari internet di website resmi HP ataupun website lainnya.

Kelemahan lain yaitu kalian harus selalu membawa CD atau DVD tersebut untuk memindahkan atau menginstalnya pada perangkat lain. Belum lagi jika pada komputer tujuan tidak ada optical drivenya. Dengan kata lain, kalian harus mencari alternatif untuk memindahkan ke flashdisk atau menggunakan DVD eksternal.

Inovasi HP untuk Menginstal Driver HP P1102

Menyertakan drivernya langsung ke dalam memori internal merupakan inovasi terbaru untuk instalasi driver hardware perangkat keras. Penerapan teknologi ini sudah lama yaitu pada modem GSM ataupun modem CDMA. Kini modem driver tidak lagi ada dalam bentuk CD atau DVD, tetapi sudah built in di dalam memori internalnya modem.

Sehingga kalian tidak perlu lagi kebingungan mengenai masalah driver, tinggal colok, install, dan setting. Dengan begitu, cara install driver HP Laserjet P1102 sedikit berbeda dengan produk sebelumnya. Pada printer ini, HP telah menyediakan drivernya di memori internal. Jadi, kalian tidak membutuhkan CD atau DVD drivernya.

Dalam melakukan install, hal yang harus ada yaitu printer HP Laserjet P1102. Lengkap dengan USB penghubung ke komputer atau laptop dan siapkan kabel power. Jika kedua barang tersebut sudah ada, selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut ini.

Langkah untuk Instal Printer Laserjet P1102

  1. Hubungkan printer ke daya atau arus listrik
  2. Hidupkan printer dengan menekan tombol power yang berada di cover depan
  3. Selanjutnya hubungkan printer HP Laserjet P1102 ke laptop atau komputer yang hidup menggunakan kabel USB printernya. Dengan begitu, komputer akan mendeteksi printer dengan sendirinya.
  4. Biasanya namanya adalah CD Drive (D:) HP Smart Install, atau tergantung pada huruf drive yang kosong. Kalian bisa melihat isinya dengan mengklik pada kotak dengan tulisan tersebut. Selanjutnya kalian akan melihat DRIVER printer Laserjet P1102.
  5. Kalian bisa double klik pada Drive yang kosong tersebut untuk memulai instal driver printer Laserjet P1102. Jika tidak, kalian bisa double klik pada SISetup.exe, hasilnya akan sama.
  6. Pilih “I Accept the…” dan klik “Install”
  7. Proses copy dan instal driver sedang berjalan, lalu tunggu hingga selesai
  8. Setelah selesai, centang pada ‘Print Test Page’ jika ingin melakukan test print. Kemudian isi kertas ke dalam tempat input paper pada printer HP Laserjet P1102 dan klik tombol next.