Cara Merawat Printer Canon ip2770 Agar Tidak Mudah Rusak

Posted on

Cara merawat printer Canon ip2770 memang seharusnya kita pelajari. Apalagi bila kita memiliki printer sendiri di rumah. Hal ini bertujuan supaya printer bisa digunakan dalam jangka waktu lama dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Seperti yang kita tahu, printer menjadi salah satu alat cetak modern. Printer beroperasi atas perintah laptop, komputer atau smartphone. Jenis printer yang beredar dipasaran juga beragam. Salah satunya Canon ip2770.

Cara Merawat Printer Canon ip2770 Agar Tidak Mudah Rusak
cyberspaceandtime.com

5 Cara Merawat Printer Canon ip2770

Canon ip2770 merupakan printer yang sudah banyak dimiliki sebagai alat cetak dokumen. Produk ini masuk ke dalam jenis low end dengan kualitas yang terbilang bagus. Meski demikian, jika tidak dilakukan perawatan tentunya lama kelamaan printer juga bisa mengalami kerusakan. Lantas, bagaimana merawat printer Canon ip2770 ini?

Pakai Printer Sesering Mungkin Sesuai Kemampuan

Printer Canon ip2770 bisa anda rawat salah satunya dengan menggunakannya sesering mungkin. Mengapa demikian? Sebab, jika printer dipakai secara rutin, maka ini akan membuat mulut semprot yang ada di bagian cartridge printer akan semakin tajam.

Dengan begitu saat anda membeli cartridge baru kinerjanya bisa lebih optimal sesudah digunakan rutin dalam waktu 3 bulan pemakaian.

Meski demikian, printer harus digunakan setiap hari dengan batas kewajaran. Jangan sampai digunakan sehari full tanpa berhenti mencetak. Atau anda bisa menggunakannya minimal dua hari sekali.

Mengisi Tinta Printer dengan Benar

Jenis printer Canon ip2770 ini memiliki wadah tinta yang jadi satu dengan cartridge. Selain itu, printer ini memiliki dua buah cartridge warna dan hitam. Salah satu cara merawat printer Canon ip2770 ini adalah dengan mengisi tinta printernya dengan benar.

Anda harus memperhatikan cara pengisiannya. Jangan sampai anda salah dalam mengisikan tinta pada posisi warna cartridgenya. Perhatikan dengan baik dimana wadah tinta kuning, merah dan biru. Jangan sampai itu tertukar.

Selanjutnya jangan sampai anda memegang konektor logam yang ada di depan cartridge saat mengisikan tinta. Proses pengisian bisa dilakukan sedikit-sedikit jangan sampai meluap dan terlalu penuh.

Jangan Biarkan Tinta Printer Sampai Kosong

Bila printer anda sudah dimodifikasi atau infus, maka anda bisa melakukan perawatan dengan memperhatikan kondisi tinta printer. Jangan biarkan sampai kosong. Sebab bila tinta printer kosong bisa menjadi penyebab rusaknya printer.

Umumnya cartridge pada printer Canon ip2770 akan mulai kosong ketika sudah mencetak dokumen sampai dengan 50 lembar.

Pakailah Tinta yang Sejenis dan Berkualitas

Anda mungkin bisa berhemat ketika membeli tinta printer yang murah. Akan tetapi, anda harus berhati-hati dengan kualitas tinta yang memiliki harga murah. Sebab terkadang pengisian tinta yang murah bisa membuat bagian dalam cartridge menjadi kering. Hal ini akan membuat mulut semprot pada printer menjadi tersumbat.

Salah satu cara merawat printer Canon ip2770 yang baik adalah dengan membeli tinta yang standar dan sejenis. Meskipun anda harus mengeluarkan uang dengan jumlah yang lebih banyak akan tetapi kualitas printer anda tidak akan menurun dan terhindar dari kerusakan.

Memperhatikan Kebersihan Printer

Sebaiknya anda letakkan printer dalam ruangan yang sedikit kemungkinan terpapar debu. Anda juga bisa menutup cover printer jika sudah selesai menggunakannya. Bila printer tidak akan digunakan dalam waktu beberapa hari, anda bisa membungkusnya dengan plastik printer.

Jangan lupa bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada bagian luar printer. Pilih menu Head Cleaning ketika hasil cetak sudah kurang baik. Jangan lupa matikan printer dengan benar sesuai prosedur penggunaan. Ini bisa menjadi cara merawat printer Canon ip2770 agar  bisa awet dan tidak mudah mengalami kerusakan.