Jenis-Jenis Printer yang Bisa Anda Pilih Sesuai Kebutuhan

Posted on

Jenis-jenis printer memang beragam dan memiliki fungsi yang bermacam-macam pula. Kehadiran printer ini sangat penting dan membantu pekerjaan menjadi lebih mudah.

Printer merupakan perangkat yang menampilkan data ke dalam bentuk cetak. Mulai dari teks atau gambar. Namun lazimnya yang sering anda jumpai yaitu printer kertas.

Ternyata printer memiliki berbagai jenis, kelemahan, dan kelebihan masing-masing. Agar anda tidak salah dalam memilih printer, simak ulasannya berikut ini!

Jenis Jenis Printer Yang Bisa Anda Pilih Sesuai Kebutuhan
Jenis-Jenis Printer. Foto: Pinterest

Spesifikasi Jenis-Jenis Printer

Agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih printer, berikut beberapa spesifikasi yang bisa anda lihat.

Print Inkjet

Dari jenis-jenis printer yang ada dan biasanya diketahui oleh banyak orang yaitu print inkjet. Cara kerja print ini yaitu dengan menyemprotkan tinta. Sehingga nantinya gambar atau dokumen yang diprint akan nampak atau terlihat.

Beberapa kelebihan yang dimiliki printer ini yaitu dapat mencetak tanpa membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, juga memiliki kualitas hasil yang baik. Lalu tidak menghasilkan suara yang bising saat digunakan.

Sedangkan kekurangan printer inkjet yaitu memiliki harga yang relatif mahal. Bahkan tidak dapat digunakan untuk merangkap beberapa dokumen sekaligus.

Printer Laser Jet

Biasanya printer ini lebih populer dengan sebutan printer laser. Karena cara kerja printer ini menggunakan sebuah teknologi laser.

Kelebihan yang dimiliki printer laser jet yaitu mampu menghasilkan cetakan dengan kualitas baik. Karena gambar yang dihasilkan sangat tajam. Selain itu, juga akan lebih menghemat biaya pengeluaran untuk pembelian tinta.

Apabila anda membutuhkan printer yang dapat bekerja dalam jumlah banyak, printer laser jet dapat menjadi pilihan. Suara yang dihasilkan ketika printer ini digunakan juga tidak menimbulkan kebisingan.

Namun sama seperti jenis-jenis printer lainnya, printer laser jet juga memiliki kekurangan. Seperti kondisi mesin printer laser jet ini akan cepat panas apabila sering digunakan. Sehingga anda perlu sesekali memberi jeda agar mesin printer bisa beristirahat.

Printer Dot Matrix

Untuk cara kerja printer ini sedikit berbeda dengan jenis-jenis printer pada umumnya. Karena printer dot matrix menggunakan jarum yang terletak pada pita-pita untuk mencetak sebuah dokumen.

Hampir mirip dengan sebuah mesin ketik. Akan tetapi, printer dot matrix memiliki beberapa kelebihan. Misalnya dapat digunakan untuk mencetak beberapa dokumen atau secara rangkap. Selain itu, biaya untuk pembelian pita printer ini juga relatif terjangkau.

Meskipun begitu, printer dot matrix juga memiliki beberapa kelemahan. Seperti suara yang dihasilkan mesin ini cukup bising dan mengganggu. Selain itu, untuk pemrosesan percetakan akan memakan banyak waktu.

Tidak memiliki banyak pilihan warna karena memang hanya tersedia satu warna saja. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan pita pada printer jenis ini.

Printer LED

Seiring perkembangan zaman, tentu saja jenis-jenis printer juga semakin berkembang. Kehadiran printer LED menjadi salah satu buktinya.

Untuk cara kerjanya juga hampir mirip dengan print laser. Akan tetapi, print LED menggunakan Light Emitting Mode untuk mencetak sebuah dokumen. Namun anda harus lebih berhati-hati agar LED atau LCD yang terdapat pada printer ini tidak mudah rusak.

Printer DTG

Pasti nama printer DTG ini sudah tidak asing di kalangan sebuah usaha konveksi. Biasanya printer ini digunakan untuk menyablon kaos tanpa harus transfer paper.

Sehingga akan lebih menghemat waktu dan tenaga dalam proses pembuatannya. Namun kelemahannya, anda harus melakukan usaha extra untuk segi perawatannya.