Printer Deskjet Beserta Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangannya

Posted on

Printer deskjet merupakan salah satu jenis dari beberapa printer yang ada. Namun sebenarnya memiliki fungsi dan media yang sama dengan lainnya. Asal usul penamaan printer ini berawal dari sebuah perusahaan yang bernama HP.

Sehingga printer-printer lain di luar merek HP tersebut tergolong printer inkjet. Walaupun menggunakan media dan fungsi yang sama. Tentu saja kedua jenis printer ini memiliki beberapa perbedaan yang mencolok.

Misalnya saat proses pembersihan atau biasa disebut dengan cleaning. Apabila printer jenis deskjet akan menghisap sedikit tinta saat proses pembersihan berlangsung.

Sedangkan printer jenis inkjet seperti Epson dan Canon justru akan memicu sebuah aliran. Aliran-aliran tersebut terjadi ketika proses pembersihan. Daripada penasaran, mari simak ulasannya berikut ini!

Printer Deskjet Beserta Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangannya
Foto: pinterest

Spesifikasi dan Fungsi Printer Deskjet

Untuk cara kerja printer jenis deskjet ini menggunakan kepala cetak yang berfungsi untuk menyemprotkan tinta. Selain itu printer jenis ini juga tergolong printer yang digunakan hampir di seluruh dunia. Karena harganya yang terjangkau dan cara perawatannya yang tidak ribet.

Fungsi

Salah satu fungsi yang dimiliki printer deskjet yaitu untuk mencetak dokumen yang diproses dari data. Fungsi tersebut hampir sama dengan jenis-jenis printer lainnya. Akan tetapi tetap saja terdapat perbedaan yaitu dalam proses mencetak data.

Printer jenis ini menggunakan tinta yang terdapat pada sebuah fitur di dalam printer yang disebut dengan catridge. Nantinya kepala catridge akan bergerak untuk mencetak data dengan semprotan tinta.

Ketika volume semprotan sudah dirasa cukup menurut komputer. Langkah selanjutnya kertas yang akan menjadi tempat hasil cetakan dilihat akan ditarik dengan roller.

Kombinasi kedua fitur ini akan menghasilkan cetakan yang bagus dan berkualitas.

Kelebihan dan Kekurangan

Walaupun kebanyakan orang telah menggunakan printer ini akan tetapi printer deskjet juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang terdapat dalam printer jenis ini yaitu harga beli tinta sedikit mahal. Apabila anda membandingkan dengan jenis printer lain seperti dot matrix atau inkjet tentu saja akan berbeda jauh.

Namun hal tersebut sebanding dengan hasil cetakan yang dihasilkan oleh mesin printer ini. Tentu saja hasil cetakannya bagus dan memiliki warna yang tajam. Selain itu lebih efektif dan efisien dari segi waktu karena tidak memakan banyak waktu.

Bahkan, suara yang dihasilkan juga tidak bising. Sehingga tidak akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna-penggunanya.

Macam Macam Printer Deskjet

Untuk macam-macamnya printer jenis ini dibagi menjadi tiga macam.

HP Deskjet

Bagi Anda yang sedang menjalani kehidupan perkuliahan dapat menggunakan printer jenis ini. Karena fitur-fitur yang dimiliki juga relatif standar. Printer HP Deskjet mampu mencetak gambar dengan kualitas gambar yang cukup bagus.

Misalnya kualitas gambar 4800 x 1200 sehingga gambar yang dihasilkan juga akan jernih dan sangat tajam.

HP Deskjet Ink Advantage

Printer deskjet yang satu ini termasuk yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Seperti dapat untuk memproses cetakan dokumen tanpa menggunakan kabel. Sehingga bisa Anda gantikan dengan jaringan wifi atau eprint.

Melalui e-print bisa mencetak kapanpun dan dimanapun sesuai keinginan Anda melalui smartphone atau laptop.

HP Deskjet Ink Advantage Ultra

Sebenarnya fitur yang dimiliki printer deskjet ini hampir sama dengan seri sebelumnya. Akan tetapi, apabila Anda menggunakan HP Deskjet Ink Advantage Ultra bisa mencetak hingga 1500 halaman. Tentu saja sangat berbeda dengan seri sebelumnya yaitu HP Deskjet Ink Advantage yang hanya bisa mencetak sekitar 1000 halaman.