Penyebab Mainboard Printer Rusak, Ketahui Segera Agar Cepat Teratasi

Posted on

Apakah Anda memiliki printer? Dalam sebuah printer ada komponen yang bernama mainboard. Sebenarnya apa yang sering menjadi penyebab mainboard printer rusak?

Seperti yang kita tahu, mainboard merupakan komponen inti yang ada dalam sebuah barang elektronik. Oleh sebab itu, mainboard memiliki peran penting khususnya dalam sebuah printer.

Bila mainboard pada printer mengalami kerusakan, Anda tentu akan sulit untuk menggunakannya. Jangankan untuk bisa mencetak dokumen, untuk menghidupkan printer itu saja Anda akan mengalami kesulitan.

Penyebab Mainboard Printer Rusak, Ketahui Segera Agar Cepat Teratasi
youtube.com

5 Penyebab Mainboard Printer Rusak

Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab mainboard sebuah printer mengalami kerusakan. Apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Penggunaan Printer Nonstop Tanpa Jeda Istirahat

Kondisi pemakaian printer yang dilakukan terus menerus tentu akan berdampak buruk. Biasanya saat seseorang mencetak sekaligus 100 dokumen dengan sekali print maka akan membuat mainboard cepat rusak. Dengan Begitu, kinerja printer tidak akan maksimal, bahkan bisa jadi tidak berfungsi sama sekali.

Ketika Anda mencetak dokumen terlalu banyak, cartridge akan panas. Sehingga mainboard juga akan ikut panas karena bekerja terlalu keras.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus mencetak dokumen secara bertahap. Misalnya Anda bisa membagi proses cetaknya setiap 20 lembar atau 50 lembar sekali cetak.

Kemudian setiap selesai mencetak, Anda harus memberi jeda istirahat pada printer selama beberapa menit. Bila sudah, Anda bisa melanjutkan kembali proses pencetakan dokumen.

2. Pemakaian Printer Jarang

Salah satu penyebab mainboard printer rusak adalah printer yang jarang digunakan. Mungkin Anda beranggapan bahwa printer akan awet saat tidak sering dipakai. padahal itu anggapan yang salah. Sebab ini sama saja dengan mesin kendaraan yang tidak pernah digunakan dalam jangka waktu lama. Tentu saja mesin tersebut bisa saja merusak komponen-komponennya.

Sama juga dengan printer. Jika printer tak pernah digunakan, maka tak pernah merasakan daya panas listrik. Sehingga akan cepat mengalami kerusakan. Khususnya di bagian cartridge dan mainboard printer.

Oleh sebab itu, Anda harus tahu bagaimana menyimpan printer dalam jangka waktu lama. Jika tidak banyak yang perlu dicetak, maka Anda bisa menggunakan proses deep cleaning. Tujuannya supaya tinta cartridge tidak beku.

3. Mencetak dengan Tinta Sedikit

Penyebab mainboard printer rusak kali ini sering kali terjadi ketika proses pencetakan berlangsung. Biasanya sistem memberitahukan bahwa tinta yang Anda pakai akan segera habis. Bila Anda memaksakan mencetak maka bukan hanya hasil cetaknya saja yang tidak bagus. Akan tetapi ini juga akan memberikan pengaruh yang buruk untuk mainboard printer.

Solusinya Anda bisa mengisi ulang tinta yang tinggal sedikit sebelum ada peringatan tinta hampir habis. Jika printer yang Anda gunakan merupakan jenis printer infus, maka Anda bisa mengisi ulang tinta berdasarkan warnanya. Sementara itu, bila menggunakan printer inkjet, Anda tinggal isi ulang cartridge saat saat hasil cetak sudah mulai pudar.

4. Kebocoran Tinta

Bagian mainboard printer bisa rusak ketika tinta mengalami kebocoran. Bocornya tinta juga bisa dikarenakan beberapa faktor. Mulai dari terlalu banyak pengisian tinta, kualitas cartridge yang kurang bagus atau selang penghubung cartridge dengan mainboard rusak.

5. Perawatan Printer yang Tidak Baik

Saat printer Anda tidak dirawat, maka bainmoad akan cepat rusak. Maka dari itu, Anda harus rutin membersihkan debu yang menempel pada printer minimal seminggu sekali. Supaya Anda bisa meminimalisir penyebab mainboard printer rusak. Printer Anda pun bisa awet dan tahan lama.