Apa itu Drop Catching?

Drop catching berarti cara untuk mengklaim nama domain baru tepat setelah dirilis. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara kerjanya!

Sebelum kita membahas lebih detail tentang tangkapan drop, mari kita mundur selangkah dan menjelaskan seperti apa siklus hidup nama domain.

Siklus Hidup Nama Domain

Misalnya, katakanlah EXAMPLE.NL adalah nama domain gratis, seseorang membelinya, dan pencatat Anda adalah Henry. Orang yang mendaftarkan nama domain biasanya harus memutuskan berapa lama untuk mendaftarkan nama domain. Nama domain dapat didaftarkan selama satu tahun, tetapi juga dapat didaftarkan selama sepuluh tahun atau lebih. Itu juga tergantung pada pendaftar masing-masing. Dalam contoh ini, Henry mendaftarkan nama domainnya EXAMPLE.NL selama satu tahun.

Sekitar 11 bulan kemudian, saat pendaftaran hampir berakhir, Henry akan diminta untuk memperbarui pendaftaran nama domain. Dalam kebanyakan kasus, ekstensi ini akan terjadi secara otomatis. Jika Henry tidak ingin memperpanjang pendaftaran, pendaftaran akan kedaluwarsa dan nama domain akan ditukar. Kami akan kembali ke topik khusus ini nanti.

Anda juga dapat menggunakan nama domain Anda jika Henry tidak membayarnya. Pencatat akan mengirimkan beberapa pemberitahuan kepada Anda, tetapi sebagai upaya terakhir, nama domain Anda akan dicabut dan ditukar.

Kapan tepatnya periode kembali?

Periode penukaran situs web .nl adalah 40 hari, tetapi dapat bervariasi menurut TLD. Dalam kasus Henry, situs web tidak lagi aktif dan dia tidak dapat melakukan apa pun dengannya. Selama periode pertukaran, tidak ada orang lain yang dapat mendaftarkan situs web baru dengan nama domain yang sama. Satu-satunya orang yang bisa mendapatkan nama domain dari penebusan adalah Henry sendiri. Dia juga dapat mengizinkan pencatat untuk melakukan ini atas namanya. Ada periode penukaran untuk melindungi pemilik nama domain dari pengungkapan nama domain secara tiba-tiba. Tanggal kedaluwarsa nama domain Anda dapat ditemukan di SIDN.nl.

EXAMPLE.NL akan dirilis setelah 40 hari dan sejak saat itu siapa pun akan dapat mendaftarkan situs web dengan nama domain ini. Saat yang tepat nama domain dikembalikan ke pasar dikenal sebagai ‘drop’. Seringkali beberapa orang atau pihak tertarik pada nama domain yang sama dan mencoba untuk ‘menangkapnya’ pada saat yang bersamaan. Temukan arti dari istilah ‘drop catch’ disini. ‘Penangkapan’ terjadi dalam hitungan detik.

kekuatan dan kelemahan

Keuntungan terbesar dari drop catch adalah harga rendah untuk membeli nama domain. Tidak perlu bernegosiasi untuk menghemat banyak waktu. Jika Anda menyewa perusahaan untuk mendapatkan nama domain, Anda tidak perlu melakukan apa-apa, cukup duduk dan santai.

Tentu saja, drop catch juga memiliki kelemahan. Tidak ada perusahaan yang dapat menjamin 100% bahwa mereka benar-benar akan mengetahui nama domain Anda. Apalagi ketika salah satu nama domain tertentu sedang populer, banyak pihak yang berusaha merebutnya, sehingga menyulitkan sebuah perusahaan untuk sukses.

Selain itu, pemilik asli dapat sewaktu-waktu memutuskan untuk mempertahankan nama domain mereka sendiri dengan menghapusnya dari penggunaan. Meskipun demikian, Anda tidak dapat sepenuhnya yakin apakah nama domain yang digunakan benar-benar akan dihapus.

Apakah legal untuk drop catching?

Jika Anda mencari istilah drop catching di Google, Anda akan menemukan banyak artikel dan forum dengan orang-orang yang mempertanyakan legalitas drop catching. Untuk memberi Anda jawaban langsung: Ya, itu legal. Sebuah nama domain setelah dihapus bukan milik siapa pun. Sejak saat itu, siapa pun dapat mendaftarkan nama domain secara legal.

Pemilik nama domain tersebut telah menerima beberapa pemberitahuan yang meminta mereka untuk memperbarui pendaftaran mereka. Nama domain juga ditebus dalam 40 hari. Jika pemilik tidak menanggapi tindakan ini, tidak ada cara untuk mencegah nama domain dihapus. Jika Anda masih ingin menggunakan nama domain Anda, Anda harus menghubungi pemilik baru nama tersebut.

Bisakah saya menjatuhkan tangkapan sendiri?

Setiap kali nama domain dihapus karena kedaluwarsa, siapa pun dapat mendaftarkan situs web mereka dengan nama baru. Untuk nama domain yang sangat populer, peluang untuk benar-benar menangkapnya sangat tipis. Menangkap benda jatuh juga membutuhkan banyak waktu. Perusahaan profesional seperti catchtiger.com memiliki sistem drop-catch otomatis dan dapat mendaftarkan nama domain baru dalam hitungan detik. Lebih baik menyewa perusahaan untuk mendapatkan nama domain ini. CatchTiger.com menawarkan setiap orang kesempatan yang sama untuk memperoleh nama domain dengan melelang semua nama domain yang diambil. Setiap nama domain dalam lelang domain yang terbuka dan transparan ini dilengkapi dengan informasi tambahan seperti volume pencarian, jumlah backlink, dan iklan.

Mengapa Beberapa Nama Domain Mahal?

Harga nama domain, seperti semua produk dan layanan lainnya, didasarkan pada penawaran dan permintaan. Selain itu, nama domain juga unik. Anda tidak dapat menemukan nama yang sama persis di mana pun di dunia. Dalam banyak kasus, harga nama domain tidak terkait dengan nilai pembelian sebenarnya, tetapi harga dihitung dengan cara yang berbeda. Nama domain dapat berguna karena beberapa alasan.

  • Memiliki perusahaan atau memiliki hewan peliharaan atau ibu mertua dengan nama yang sama persis.
  • Nama domain memiliki banyak sejarah dan otoritas karena pernah digunakan oleh situs besar.
  • Nama domain lebih berharga karena pendek dan mudah diingat.
  • Anda memiliki produk yang unik dan Anda tidak ingin pesaing Anda menggunakan nama domain yang sama (registrasi pertahanan).
  • Nama domain Anda terdiri dari istilah pencarian yang dapat membangun posisi tinggi di mesin pencari.

Tentu saja, ada banyak lagi alasan mengapa nama domain berharga. Dan jangan lupa. Nama domain yang sangat diinginkan seseorang dan tidak dipedulikan oleh orang lain. Itulah keindahan nama domain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.