Cara Memasang Drupal Di Webmin

Drupal adalah platform CMS yang digunakan untuk mengelola media dan file di halaman web. Bahkan jika Anda tidak tahu cara menggunakan program HTML, sistem manajemen konten Drupal dapat membantu Anda membangun situs web komunitas atau portal web.

Dalam kebanyakan kasus, menginstal Drupal atau menerapkan prinsip-prinsip dasar tidaklah sulit. Namun, mereka yang menggunakan panel kontrol Webmin perlu menginstal Drupal secara manual.

Mengikuti poin-poin yang disebutkan di bawah ini akan membantu Anda menginstal Drupal di Webmin dengan mudah.

Tahap 1:

Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah masuk ke platform kontrol Webmin. Ini dapat dilakukan dengan memasukkan tautan masuk panel kontrol. Setelah ini selesai, masukkan nama pengguna dan kata sandi Webmin Anda, lalu cari tombol Masuk.

Langkah 2:

Selanjutnya dalam daftar adalah memilih jenis pengaturan yang ingin Anda gunakan untuk booting. Cari ”Shutdown and Boot” di platform Webmin. Kotak atau titik yang mengaktifkan daemon untuk “mysqld” dan “httpd” harus dinavigasi dengan benar. Klik Simpan untuk kembali ke platform kontrol dasbor.

Langkah 3:

Pada titik ini, adalah bijaksana untuk membuat informasi pengguna baru di platform Webmin. Setelah proses ini selesai, Anda dapat mengedit atau mengubah konfigurasi “httpd” dari ID pengguna baru. Anda harus pergi ke “Konfigurasi Global”. Pilih “Edit File Konfigurasi”. Ini akan membantu Anda mengedit dan membuka file. Mulai saat ini, Anda dapat menemukan bagian “Izinkan Penimpaan”. Ini akan membantu mengubah tampilan pengaturan Anda menjadi sesuatu untuk semua orang. Anda harus mengklik “Simpan” untuk kembali ke panel kontrol Webmin.

Langkah 4:

Penting untuk membuat database MySQL baru. Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan menemukan bagian MySQL dari platform Webmin. Untuk menghapus dan menambahkan data, Anda juga harus membuat informasi pengguna baru. Anda perlu menyimpan kata sandi basis data, nama pengguna, dan nama atau domain Anda. Setelah menyelesaikan proses ini, Anda dapat kembali ke Pusat Kontrol Webmin.

Langkah 5:

Sekarang Anda perlu mengunggah file Drupal dari akun hosting web Anda. Anda dapat menggunakan pengelola file Webmin untuk berhasil mencapai tujuan ini. Pengguna lain mungkin lebih suka menggunakan program perangkat lunak FTP seperti SmartFTP atau FileZilla.

Langkah 6:

Untuk memberikan akses penuh kepada pengguna baru ke direktori, Anda harus memasukkan baris informasi yang benar. Akhirnya, setelah selesai, Anda dapat me-reboot server.

Santosi B Mahazan
Artikel ini memberikan panduan langkah demi langkah untuk menginstal Drupal di Webmin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.