Cara Mendapatkan Kembali Nama Domain Anda Setelah Lupa Memperbaruinya

Setelah Anda memutuskan nama domain Anda, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa nama domain Anda belum dipilih dan diselesaikan. Saat mendaftar, Anda memiliki dua opsi untuk dijelajahi.

Anda dapat menemukan pendaftar domain.

Atau perusahaan web hosting yang memiliki domain registry sendiri.
Opsi 2 mungkin yang paling nyaman karena Anda masih akan membuat situs. Anggap semua kebutuhan situs web Anda bergantung pada toko serba ada.

Sekarang administrasi situs bisa sedikit. Jadi wajar untuk melupakan hal-hal sepele seperti memperbarui nama domain setelah kedaluwarsa. Jika ini terjadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkannya kembali?

Jawabannya terletak pada berapa banyak waktu yang telah berlalu sejak domain kedaluwarsa. Peluang Anda untuk mendapatkan kembali nama domain Anda akan berkurang seiring waktu. Bergantung pada berapa lama Anda melewatkan tanggal kedaluwarsa, berikut adalah opsi yang dapat Anda jelajahi:

hanya beberapa hari

Anda memiliki peluang besar untuk memperbarui tanpa gangguan, terutama jika Anda memeliharanya secara teratur. Sebagian besar pendaftar domain memiliki masa tenggang perpanjangan yang biasanya berlangsung hingga 40 hari.

19 – 40 hari

Jika Anda melewatkan tanggal kedaluwarsa dalam periode ini, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda dapat terus memperbarui adalah dengan menghubungi perusahaan hosting Anda.

41 – 70 hari

Seperti disebutkan sebelumnya, periode perpanjangan khas untuk perpanjangan adalah 40 hari. Setelah itu, jangka waktu pelunasan berlangsung selama 30 hari. Pada dasarnya, ini adalah periode sampai domain kadaluarsa yang tidak diklaim siap untuk dilelang. Anda bisa mendapatkan nama domain Anda kembali selama waktu ini, tetapi dengan biaya tambahan.

71 – 75 hari

Setelah periode penggunaan, itu menjadi penghapusan yang tertunda. Artinya, itu dihapus dari registri. Hal yang baik tentang ini adalah bahwa nama domain Anda hampir sama bagusnya dengan yang baru. Satu kelemahannya adalah jika Anda memiliki pesanan pengembalian, orang lain dapat mengambilnya setelah tersedia. Untuk menghindarinya, Anda bisa langsung melakukan backorder.

Bagaimana jika seseorang mencuri domain saya?

Dalam hal ini, kesempatan terbaik Anda untuk mendapatkan kembali nama domain Anda adalah dengan membelinya dari pemilik baru. Keduanya dapat dinegosiasikan dengan harga yang wajar. Namun, jika pemilik baru menegaskan nama domain dengan cara yang tidak sah, mereka dapat menantang Uniform Domain-Name Dispute Resolution Policy (UDRP).

Jadi jika Anda lupa memperbarui nama domain Anda, Anda tidak akan kehilangan segalanya. Menuliskan periode ini akan membantu Anda memutuskan apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kembali nama domain Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.