Dasbor WordPress: 11 Pengaturan dan Komponen Paling Penting yang Harus Anda Ketahui

Bagian belakang dasbor atau situs web WordPress Anda adalah layar pertama yang terbuka setelah Anda masuk ke situs WordPress Anda.

Dasbor WordPress Anda adalah tempat Anda mulai membangun, mengelola, memelihara, dan menyesuaikan situs web atau blog WordPress Anda.

Di sini Anda dapat melepaskan kreativitas Anda dan membuat situs web atau blog dengan cara yang masuk akal untuk bisnis Anda.

Dasbor WordPress juga dianggap sebagai tulang punggung yang mengontrol fungsionalitas dan tampilan situs web atau blog WordPress Anda.

Ini dikenal sebagai admin WordPress atau dasbor admin. Jadi, jika Anda ingin membuat situs WordPress yang hebat, Anda harus membiasakan diri dan memahami semua pengaturan dan komponen dasbor WordPress Anda.

Pada artikel ini, kami membahas 11 pengaturan dan komponen terpenting yang harus diketahui oleh setiap pemilik situs WordPress atau webmaster untuk membuat situs WordPress yang hebat.

Pengaturan yang dijelaskan dalam artikel ini adalah pengaturan default dan default untuk dashboard WordPress. Anda dapat melihat pengaturan dan komponen tambahan di dasbor Anda berdasarkan tema atau plugin yang telah Anda instal dan aktifkan di situs WordPress Anda.

Bilah Admin: Ini adalah bilah alat teratas dari dasbor WordPress. Ini berisi tautan paling berguna yang juga dapat berfungsi sebagai jalan pintas untuk menyelesaikan tugas yang paling penting.

Misalnya, Anda dapat menemukan tautan ke situs resmi WordPress, dokumentasi WordPress Codex, forum dukungan, melihat situs, menambahkan posting/halaman/media/pengguna baru, mengedit profil Anda, dan keluar.

5 widget: Selamat Datang, Sekilas, Aktivitas, Draf Cepat, dan Berita WordPress. Berikut adalah lima widget utama yang muncul di ruang utama dashboard WordPress Anda.

Widget ini memberikan gambaran singkat tentang apa yang terjadi di situs atau blog Anda, bersama dengan beberapa statistik situs. Kami juga menyediakan beberapa tautan untuk membantu Anda mulai menambahkan konten, menavigasi, dan menyesuaikan situs WordPress Anda.

Menu Navigasi Kiri Utama: Ini adalah menu sisi kiri dasbor WordPress Anda dengan item dan sub-item untuk menyelesaikan berbagai tugas di situs Anda.

Ada hampir semua pengaturan yang mengontrol semua yang ada di situs. Jadi, pengaturan terpenting berikutnya dalam daftar adalah apa yang termasuk dalam menu navigasi utama ini. Untuk membuka sub-item dari setiap item di menu navigasi kiri, Anda dapat memperluas sub-item dengan mengklik item yang diinginkan, atau Anda dapat memilih sub-item dengan mengarahkan mouse ke item yang diinginkan.

Posting: Posting mewakili aspek blogging dari situs web atau blog WordPress Anda. Postingan ditampilkan di situs WordPress Anda dalam urutan kronologis terbalik, dengan postingan terbaru di bagian atas. Sebuah posting juga disebut posting blog atau artikel. Item Postingan memiliki empat sub-item: Semua Posting, Tambah Baru, Kategori, dan Tag. Layar Semua Postingan berisi postingan apa pun yang telah diposting, dijadwalkan, atau disimpan oleh Anda atau pengguna Anda sebagai konsep. Untuk menambahkan posting baru, Anda harus menggunakan tautan Tambah Baru untuk menggunakan editor posting. Namun, Anda menggunakan submenu Kategori dan Tag untuk menetapkan kategori dan tag ke postingan Anda.

Media: Media adalah pengaturan di dasbor WordPress tempat Anda mengunggah dan menyimpan semua media untuk situs web atau blog WordPress Anda. Anak-anak dari topik ini adalah Perpustakaan dan Tambah Baru. Anda dapat menggunakan tautan Tambah Baru untuk mengunggah media baru seperti gambar, audio, dan video. Perpustakaan, di sisi lain, adalah bagian yang menyimpan semua item media yang Anda unggah.

Laman: Laman mewakili konten statis di situs Anda. Ini dapat digunakan untuk menghasilkan informasi yang tidak dapat diubah atau yang jarang berubah di situs. Ini dapat digunakan untuk membuat halaman seperti Tentang kami, Kontak, Biografi, Karyawan, dan Rumah.

Komentar: Layar Kelola Komentar adalah layar yang berisi semua komentar yang dibuat di situs WordPress Anda. Komentar mewakili interaksi antara Anda dan pembaca Anda. Di sini Anda dapat melihat semua pemberi komentar dan melakukan beberapa tindakan responsif seperti Setujui/Penolakan, Balas, Edit Cepat, Edit, atau Pindahkan ke Spam atau Sampah.

Penampilan: Penampilan adalah salah satu pengaturan terpenting di dasbor WordPress Anda. Item penampilan memungkinkan Anda untuk mengubah keseluruhan tampilan, tata letak, desain, dan navigasi situs web atau blog Anda sambil mempertahankan perangkat lunak penting (Core) yang menjalankan situs. Ini memiliki banyak submenu seperti Tema, Kustomisasi, Widget, Menu, Header dan Editor.

Plugin: Item plugins juga merupakan salah satu pengaturan terpenting dari dasbor WordPress Anda. Plugin menambahkan lebih banyak fitur ke situs web atau blog WordPress Anda. Ada ribuan plugin, kebanyakan gratis, Anda dapat menemukannya di WordPress.org, ada yang berbayar atau premium. Anda dapat menggunakan sub-item untuk mengunggah/menginstal dan mengaktifkan plugin, menonaktifkan atau menonaktifkannya, lalu menghapusnya dari situs Anda.

Pengguna: Anda dapat menetapkan pengguna ke situs Anda menggunakan entri pengguna. Ini adalah tautan yang berguna, terutama jika Anda memiliki tim atau staf yang bekerja di situs web atau blog WordPress Anda. Ada 5 peran pengguna yang berbeda dengan izin yang berbeda. Kelima peran pengguna ini adalah Administrator, Editor, Penulis, Kontributor, dan Pelanggan.

Pengaturan: Item terakhir dalam daftar dan pengaturan penting untuk dasbor WordPress Anda. Anak-anak dari topik ini adalah Umum, Menulis, Membaca, Diskusi, Media, dan Tautan Permanen. Bergantung pada plugin yang telah Anda aktifkan di situs Anda, Anda mungkin melihat sub-item tambahan di sini. Anda dapat memeriksa setiap item untuk melihat pengaturan komprehensif yang tersedia untuk administrasi situs.

Leave a Reply

Your email address will not be published.