Langkah-Langkah yang Harus Diikuti Saat Menginstal WordPress di Akun Hosting Web Anda

WordPress adalah salah satu sistem manajemen konten dan alat blogging yang paling populer. Hal ini karena telah membuatnya sangat mudah bagi individu untuk menyumbangkan konten mereka ke World Wide Web. Hal ini juga sangat mudah untuk menginstal dan menggunakan. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang terlibat dalam proses menginstal WordPress di akun hosting web Anda.

Unduh paket instalasi

Langkah pertama adalah mengunduh paket instalasi versi terbaru dan paling stabil dari situs web resmi. Proses pengunduhan sangat sederhana dan pengguna mengklik tombol unduh dan paket disimpan ke hard disk. Mereka dapat mengekstrak paket ke folder yang berbeda.

Unggah file yang tidak di-zip ke server hosting web Anda

Setelah mengekstrak file, pengguna dapat mengunggah file ke server web. Ini biasanya dilakukan melalui FTP dengan bantuan aplikasi klien seperti FileZilla. File WordPress juga dapat diunggah melalui cPanel di akun hosting web Anda. Pengguna hanya perlu pergi ke pengelola file dan pilih ‘Unggah’. Untuk menggunakan file sebagai situs web utama Anda, Anda harus menyimpannya ke folder public_html. Namun, jika WordPress hanya digunakan untuk satu bagian situs, seperti blog, pengguna dapat membuat subfolder untuk menyimpan file mereka.

Buat database MySQL untuk digunakan dengan WordPress

Selanjutnya, pengguna perlu membuat database MySQL untuk digunakan WordPress. Prosesnya sangat sederhana dan individu hanya perlu menetapkan pengguna ke database ini dan memberi mereka kontrol penuh. Kemudian Anda perlu mencatat nama database, nama pengguna database dan kata sandi yang Anda buat untuk digunakan pada langkah terakhir.

Selesaikan proses instalasi

Individu kemudian pergi ke situs web untuk menyelesaikan proses instalasi. Jika Anda mengunggah file ke halaman public_html, cukup buka halaman beranda. Saya mendapatkan pesan bahwa file wp-config.php tidak ada. Anda harus mengklik ‘Buat file konfigurasi’ untuk melanjutkan. Anda akan diarahkan ke halaman yang meminta Anda untuk menyiapkan informasi yang diperlukan untuk proses instalasi, termasuk nama database, nama pengguna, kata sandi, host database, dan awalan tabel. Informasi awalan tabel hanya berguna jika Anda ingin menjalankan lebih dari satu penginstalan pada satu database. Halaman berikutnya meminta Anda untuk memasukkan semua informasi yang diperlukan. Program memverifikasi bahwa semua informasi benar. Pengguna kemudian dipandu untuk menjalankan instalasi. Selanjutnya, pengguna harus memberikan nama pengguna admin dan judul situs. Ini juga menanyakan apakah Anda ingin mesin pencari mengindeks situs web Anda. Alamat email juga diperlukan pada langkah ini jika pengguna lupa kata sandinya. Kemudian Anda dapat menginstal WordPress.

Itu dia! Pengguna sekarang dapat pergi ke backend dan mempublikasikan atau memperbarui situs web atau blog mereka. Anda juga dapat menambahkan tema dan plugin untuk membuat situs web Anda lebih indah dan menambahkan beberapa fitur ke situs atau blog Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.