Mata Uang Crypto Vs Mata Uang Fiat

Apakah Anda tahu fiat dan cryptocurrency? Keduanya adalah salah satu atau bentuk lain dari mata uang dan umumnya tersedia di seluruh dunia.

Tetapi keduanya berbeda dan berbeda dengan caranya sendiri. Meskipun ada grup yang selalu lebih suka menggunakan cryptocurrency, ada grup yang memiliki sudut lemah untuk mata uang fiat.

Cryptocurrency memainkan peran besar dalam masyarakat tanpa uang tunai

Melihat pasar tahun 1970-an dan 1980-an mengungkapkan bahwa uang tunai memainkan peran dominan. Namun, dengan berkembangnya teknologi, perdagangan elektronik telah menjadi hal yang umum.

Saat ini, semakin banyak orang yang terpengaruh untuk menjadi cashless society. Dengan kemajuan menuju masyarakat tanpa uang tunai, cryptocurrency memainkan peran besar.

Cryptocurrency dan mata uang fiat selalu bertentangan

Cryptocurrency dan mata uang fiat adalah jenis mata uang digital yang populer, terutama dalam hal perdagangan online. Keduanya adalah mata uang yang saat ini digunakan di pasar, tetapi ada beberapa perbedaan.

Ada begitu banyak iklan yang akan Anda dengar setiap hari membandingkan cryptocurrency dengan mata uang fiat. Artikel ini menyoroti perbedaan antara keduanya secara lebih komprehensif dan jelas.

Menentukan apa itu mata uang

Sebelum membahas perbedaan antara keduanya, Anda perlu memahami apa artinya dan bagaimana definisinya.

Mata uang fiat adalah mata uang legal yang didukung oleh pemerintah pusat dan dioperasikan dalam bentuk fisik. Misalnya, dolar AS, pound Inggris, euro, dll. Di sisi lain, cryptocurrency adalah metode pembayaran ilegal dan tidak didukung oleh pemerintah pusat atau bank.
Jadi, perbedaan antara cryptocurrency dan fiat adalah sebagai berikut:

• Cryptocurrency terdesentralisasi dan global. Tidak ada satu pun entitas atau pemerintah yang mengontrol mata uang berdasarkan undang-undang atau peraturan. Mata uang fiat dipusatkan di bawah peraturan hukum oleh bank dan pemerintah.

• Cryptocurrency hanya ada di dunia digital. Di sisi lain, Anda akan menemukan bahwa uang kertas memiliki bentuk yang nyata dan fisik.

• Jumlah maksimum cryptocurrency yang dipasok di pasar terbatas dalam persediaan. Faktanya, ada persediaan uang kertas yang tidak terbatas, karena pemerintah dan bank memiliki hak untuk memproduksi koin dan uang kertas kapan pun situasinya menuntutnya.

• Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya dihasilkan oleh komputer, sedangkan mata uang fiat dikeluarkan oleh pemerintah daerah dan bank.

• Cryptocurrency tersedia dalam kode publik dan pribadi. Uang fiat, di sisi lain, disajikan dalam bentuk koin dan uang kertas.

• Nilai cryptocurrency tidak diakui oleh permintaan dan penawaran pasar. Faktanya, nilai mata uang fiat ditentukan oleh regulasi pasar dari penawaran dan permintaan.

Berbagai jenis cryptocurrency dan mata uang fiat

Selama dekade terakhir, popularitas cryptocurrency telah meningkat dengan sukses besar. Itu pada tahun 2009 ketika Bitcoin pertama kali diperkenalkan, dan beberapa jenis cryptocurrency lainnya muncul beberapa tahun kemudian.

Mulailah dengan Litecoin. Ada banyak Dogecoin, Ripple hingga Dcash, dan Zcash. Uang fiat, di sisi lain, memiliki akar yang kaya dan kuno, dengan Pound Inggris Raya yang berasal dari tahun 775 M. Itu masih dianggap sebagai mata uang tertua di dunia yang digunakan.

Perbedaan anonimitas antara kedua mata uang

Jika Anda menggunakan mata uang fiat, Anda harus melalui proses identifikasi atau otentikasi pengguna. Anda perlu mengunggah foto yang Anda ambil baru-baru ini dan menyerahkan beberapa dokumen yang diperlukan yang harus dipublikasikan menurut otoritas publik.

Tidak perlu melalui prosedur yang diperlukan dengan cryptocurrency. Meskipun detail pribadi dan rahasia Anda tidak diungkapkan, semua transaksi dicatat dan dilacak dalam fiat dan cryptocurrency.

Fiat vs. Cryptocurrency: Tingkat Transparansi

• Tingkat transparansi untuk mata uang jenis Crypto juga diperhitungkan. Ini karena aliran pendapatan terlihat di rantai publik. Siapapun dapat menyaksikan transaksi dirinya dan orang lain.

• Mata uang fiat atau pemerintah. Mata uang tidak transparan karena tidak ada rantai publik di mana orang dapat melihat aliran pendapatan mereka.

Akar sejarah komparatif

Bandingkan mata uang Crypto dengan mata uang mitra, fiat, atau pemerintah dan Anda akan menemukan bahwa keberadaan dan penciptaannya membuat perbedaan.

Fiat, atau mata uang pemerintah, telah digunakan sejak 775, ketika pound Inggris diperkenalkan. Inilah sebabnya mengapa semua orang dengan mudah menerima mata uang fiat.

Di sisi lain, cryptocurrency mungkin pertama kali diperkenalkan hanya satu dekade yang lalu dengan diperkenalkannya Bitcoin pada tahun 2009.

Tantangan yang dihadapi Bitcoin dan cryptocurrency lainnya adalah untuk mencapai popularitas besar dan memperluas basis penggemar mata uang fiat.

Tidak diragukan lagi, cryptocurrency, yang semakin penting dan populer di pasar ekonomi, masih belum diterima secara luas sebagai mata uang fiat di masyarakat.

Sejarah membandingkan dua mata uang:

• Pada abad ke-11, Dinasti Song China mungkin mengeluarkan uang kertas pertama. Itu tidak dapat ditukar dengan barang berharga seperti emas, perak, atau sutra.

• Ada tongkat penghitung yang diperkenalkan sebagai uang fiat atau uang pemerintah. 1100 Staf Talley diperkenalkan sebagai pertempuran untuk Suku Emas.

• 1971 adalah tahun uang kertas diakui di seluruh dunia. Presiden Nixon memperkenalkan ini untuk menghilangkan sistem klasifikasi dolar sebagai emas.

• Saat itu tahun 1998 ketika Wei Dai datang dengan ide sistem uang elektronik anonim. Bitgold – Cryptocurrency pertama dibuat oleh Nick Szabo, tetapi tidak mendapat perhatian sebanyak Bitcoin.

• Pada tahun 2009, Bitcoin diluncurkan di pasar dan cryptocurrency pertama di dunia telah disetujui. Serangkaian cryptocurrency lainnya diperkenalkan pada tahun 2011 dan seterusnya. Yang populer termasuk Litecoin, Dogecoin, Ethereum, Ripple, Zcash, Dash, dan banyak lagi.

Fitur kedua mata uang

Potensi cryptocurrency dan mata uang fiat penting untuk mengakses fitur. Dalam beberapa kriteria, Bitcoin dan cryptocurrency lainnya lebih unggul daripada mata uang fiat atau pemerintah, dan dalam beberapa kasus yang terakhir.

Ini benar-benar permintaan Anda untuk memilih jenis mata uang (cryptocurrency atau fiat) sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan pribadi Anda.

Mari kita bandingkan properti sehubungan dengan elemen tertentu

• Cryptocurrency dan mata uang fiat dapat dipertukarkan.

• Tergantung pada portabilitas yang terlibat, kedua mata uang tersebut hampir identik.

• Karena standar yang tidak dapat dikonsumsi, cryptocurrency dan mata uang fiat memiliki status yang sama.

• Cryptocurrency lebih tahan lama daripada mata uang fiat, yang memiliki daya tahan sedang.

• Baik cryptocurrency atau mata uang virtual dan mata uang fiat atau pemerintah memastikan transaksi dan pertukaran yang aman dan terjamin.

• Crypto atau mata uang digital sangat mudah dibagikan. Mata uang fiat, di sisi lain, cukup dapat dibagi.

• Dalam hal pemrosesan transaksi, cryptocurrency mudah dan tidak merepotkan. Di sisi lain, proses penarikan yang terkait dengan mata uang fiat itu mudah, tetapi tidak seperti cryptocurrency.

• Mata uang berbasis Crypto bersifat terdesentralisasi dan bersifat global, tidak seperti mata uang fiat, yang terpusat dan berfungsi sesuai dengan undang-undang dan peraturan pemerintah.

• Mata uang berbasis Cryptocurrency sangat langka, sedangkan mata uang fiat tidak terbatas karena pemerintah dapat mengeluarkan koin dan uang kertas kapan pun diperlukan.

• Mata uang berbasis Crypto didasarkan pada algoritma matematika dan dapat diprogram. Mata uang fiat tidak dapat diprogram sama sekali.

• Mata uang fiat berdaulat sedangkan cryptocurrency tidak.

Proses pemanggilan fungsi

Cara kerjanya dan proses transaksi yang terjadi dapat mengungkapkan perbedaan penting antara mata uang Crypto atau digital dan mata uang fiat.

Mereka kontras di alam. Mengirim uang menggunakan Bitcoin sangat cepat dan tidak memerlukan koneksi pihak ketiga sama sekali.

Di sisi lain, jika Anda menukar uang menggunakan jenis mata uang Fiat, dompet seluler digunakan. Uang elektronik yang ditransfer dapat ditukar dengan nilai elektronik dengan jumlah yang sama. Anda dapat membeli apa pun yang Anda inginkan baik dalam fiat maupun cryptocurrency. Namun, proses yang terlibat sama sekali berbeda satu sama lain.

Tergantung pada apa yang Anda beli, Anda akan menemukan bahwa satu bentuk mata uang lebih baik dari yang lain. Ini benar-benar pilihan Anda.

Apakah Bitcoin, cryptocurrency, lebih baik daripada fiat?

Manfaat dan fitur jangka panjang Bitcoin belum ditetapkan. Namun, para ahli dan pakar cryptocurrency memperkirakan bahwa itu akan berjalan jauh, terutama dengan merevolusi cara transaksi online dilakukan.

Di pasar saat ini, Bitcoin terutama mencakup, tetapi tidak terbatas pada, kasino dan perjudian online.

Juga, ketika membandingkan mata uang fiat, menggunakan Bitcoin dapat menghilangkan kekuasaan dan otoritas karena bank dan pemerintah tidak dikendalikan.

Mata uang berbasis Crypto menciptakan atau menciptakan modal pasar bebas. Mata uang Fiat, tidak seperti mata uang berbasis cryptocurrency, tunduk pada inflasi dan perubahan pasar.

Aspek-aspek ini membuat individu percaya bahwa mata uang berbasis Crypto akan segera mengambil alih mata uang utama dan mengubah cara uang digunakan.

Mengapa Bitcoin dianggap sebagai aspek yang lebih baik daripada fiat?

• Bitcoin menawarkan kesempatan untuk menciptakan kembali kapitalisme pasar bebas.

• Kontrol atas uang Anda sepenuhnya milik Anda, bukan dengan bank seperti uang kertas.

• Inflasi tidak mempengaruhi Bitcoin. Namun, jenis mata uang fiat lebih mudah hilang dan terpengaruh.

• Mata uang Bitcoin lebih mudah ditukar dan ditransfer daripada fiat atau fiat pemerintah.

• Biaya transaksi yang terkait dengan Bitcoin jauh lebih murah dan lebih murah.

Cryptocurrency tampaknya menjadi pilihan yang menguntungkan di antara orang-orang.

Mata uang fiat adalah cara pertukaran uang yang terpusat dan legal. Namun, cryptocurrency telah mendapatkan popularitas luar biasa dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak seorang pun akan pernah bertindak sebagai perantara seperti dalam kasus bank. Juga, cryptocurrency jauh lebih murah dan lebih murah daripada mata uang fiat tradisional.

Kirim uang langsung dari mana saja tanpa menunggu persetujuan bank

Anda dapat mengirim uang langsung ke siapa saja di dunia, dan ini sangat cepat. Uang akan terhapus dalam beberapa menit.

Tidak perlu menunggu proses kliring dan verifikasi tradisional di sistem perbankan, yang bisa memakan waktu hingga beberapa hari untuk disetujui.

Tidak ada yang memiliki wewenang untuk melakukan apa pun dengan akun Anda karena akun tersebut didesentralisasi dan tidak dioperasikan sesuai dengan undang-undang dan peraturan pemerintah.

Teknologi Blockchain memainkan peran yang sangat besar

Berkat cryptocurrency yang memberi kami kekuatan dan otoritas untuk menjadi bank kami sendiri dan mengendalikan keuangan kami.

Itu karena teknologi blockchain yang memberikan tingkat kecanggihan yang lebih tinggi ketika berhadapan dengan keuangan. Bahkan, ada beberapa industri keuangan arus utama yang mulai memasukkan ide-ide teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.