Mengamankan CMS Web Anda: Praktik Terbaik untuk Diikuti

Mengamankan CMS Web Anda: Praktik Terbaik untuk Diikuti – Internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini karena memungkinkan Anda dengan cepat menemukan berbagai informasi di sini.

Karena permintaan ini, ada lebih dari 1 miliar situs web dan mereka tumbuh secara eksponensial setiap tahun.

CMS, atau sistem manajemen konten, adalah bagian penting dari pengembangan web dan lebih dari sepertiga situs web didukung oleh empat platform CMS utama: WordPress, Magento, Drupal, dan Joomla.

Popularitas platform CMS ini semuanya menawarkan faktor menarik dan fokus pada pengalaman pengguna, aksesibilitas, dan kesuksesan di pasar. Namun, satu masalah utama dengan platform CMS ini adalah ancaman terhadap keamanan siber.

Mengapa platform CMS menjadi target penjahat dunia maya?

Platform CMS rentan karena didasarkan pada kerangka kerja sumber terbuka, dan meskipun lingkungan pengembangan bersama ini menawarkan banyak keuntungan, ia juga memiliki kelemahan yaitu kurangnya akuntabilitas.

Karena tidak ada biaya lisensi, tidak ada yang bertanggung jawab atas potensi masalah seperti masalah keamanan. Sekarang kerentanan keamanan ini sedang ditangani oleh peneliti keamanan dan komunitas peretas.

Dan dengan akses administratif, peretas dapat melakukan segala macam kerusakan, mulai dari merusak situs web hingga menggunakannya untuk menyebarkan malware, yang mengakibatkan situs Anda masuk daftar hitam oleh Google dan mesin telusur utama lainnya.

Bagaimana cara mengamankan situs web CMS Anda?

Meskipun taktik dan kemampuan peretas terus berkembang, berikut adalah beberapa kiat penting yang dapat membantu melindungi situs web CMS Anda dari serangan keamanan.

Aktifkan Aplikasi Web Firewall: Pengguna dapat memilih WAF yang secara otomatis melindungi situs mereka dari kerentanan CMS. Produk keamanan tingkat perusahaan yang juga dapat digunakan sebagai plug-in server, alat, atau model layanan keamanan berbasis cloud.

Model CIA: Model CIA digunakan sebagai pedoman untuk memastikan keamanan informasi dalam suatu organisasi. Serangkaian aturan membatasi akses ke informasi untuk memastikan keakuratan dan keandalannya.

Untuk mengikuti model CIA, penting bagi organisasi untuk mempertimbangkan penyebaran informasi.

Karena CMS mewakili informasi internal dan eksternal, penting untuk memperhatikan keamanan sistem secara serius dan mencegah kehilangan dan manipulasi data.

Gunakan plugin dengan hemat: CMS dapat menggunakan berbagai plugin, dan manfaat yang diperoleh dari berbagai ekstensi memberi pengguna kesempatan untuk menyesuaikan dan memanfaatkan fitur yang tidak ditemukan dalam paket aslinya.

Ini membuat mereka lebih rentan dan peretas menemukan lebih banyak ruang. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui kebutuhan Anda yang sebenarnya, gunakan hanya plugin yang Anda butuhkan dan hindari penggunaan plugin eksternal yang tidak perlu.

Dengan memperhatikan ulasan dan rekomendasi dari komunitas CMS dan tidak mengunduh semua plugin baru, Anda dapat melindungi situs web CMS Anda dari serangan keamanan.

Penilaian dan Penanganan Risiko: Jika keamanan situs web adalah segalanya, itu adalah permainan. Peretas akan mencoba menemukan celah dalam perangkat lunak, dan pengembang akan mencoba memperbaiki tambalan sesegera mungkin.

Penilaian risiko membantu profesional keamanan mengidentifikasi insiden yang dapat membahayakan aset perusahaan dan terjadi. Laporan terperinci membantu pengembang melindungi situs web CMS mereka dari potensi serangan.

Alat seperti pemindai kerentanan memungkinkan administrator untuk memperkuat sistem keamanan mereka dengan menemukan di mana mereka paling rentan.

Kurangi kerusakan yang disebabkan oleh pelanggaran dan terapkan sebagai bagian dari rencana pemulihan bencana Anda. Penting juga untuk mencadangkan situs dan database Anda secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.