Mengapa Memilih Joomla untuk Situs Web Anda?

WordPress, Joomla, dan Drupal telah mendominasi pasar digital selama dekade terakhir. Sebagai tiga nama teratas dalam sistem manajemen konten sumber terbuka, solusi CMS ini telah membantu membangun situs web yang kuat sesuai anggaran. Jika Anda mencari CMS yang berada di antara WordPress yang mudah digunakan dan Drupal yang rumit secara teknis dan kuat, Joomla adalah jawabannya.

Ditulis dalam PHP dan menerapkan teknik pemrograman berorientasi objek dan pola desain perangkat lunak, Joomla menggunakan MySQL, MS SQL atau PostgreSQL untuk penyimpanan data. Ini sedikit lebih teknis daripada WordPress, tetapi dapat dianggap sebagai solusi perantara bagi mereka yang mencari CMS yang tidak dapat menangani kerumitan Drupal.

Kisah CMS open source ini dimulai pada tahun 2001 ketika Miro International Pty Ltd merilis Mambo, perangkat lunak gratis untuk membuat dan mengelola situs web melalui antarmuka web yang sederhana. Namun, pada tahun 2005 diumumkan bahwa seluruh tim inti Mambo akan meninggalkan Mambo.

Tim membuat situs web bernama Open Source Matters dan ‘Joomla! 1.0’ September 2005. Nama saya Joomla! Ejaan Swahili “Jumla” berarti ‘bersama’ atau ‘semua’. Statistik saat ini menunjukkan bahwa 2,7% dari semua situs web menggunakan Joomla, dengan pangsa pasar 6%. Sekitar 2,8 juta situs web berjalan di CMS Joomla.

Mengapa memilih pengembangan Joomla daripada WordPress, Drupal, atau solusi CMS lainnya? Tercantum di bawah ini adalah beberapa alasan yang memberikan wawasan yang lebih baik.

Ini cepat, aman, dan mudah digunakan dan diedit. Joomla menghilangkan kerumitan mengedit situs web Anda tanpa CMS. Tidak seperti sistem manajemen konten tradisional yang tidak memprioritaskan integritas data, Joomla menerapkan fitur ‘penguncian konten’ untuk memastikan integritas data situs web Anda. Dengan asumsi Anda mengedit kategori di situs web Anda, Joomla tidak mengizinkan pengguna lain untuk mengedit konten yang sama. Tidak masalah apakah Anda ingin menambahkan halaman baru, mengedit halaman lama, atau mengedit teks agar lebih ramah-web. Joomla memudahkan pengelola konten atau pengembang untuk melakukan perubahan.

desain yang efisien

Joomla hadir dengan template, sampel, dan sistem menu yang membuat proses desain lebih efisien. Tampilan dan nuansa situs web Anda dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan unik perusahaan bisnis Anda. Joomla memungkinkan kustomisasi ekstensif bagi desainer untuk menerapkan perubahan template. Apa artinya ini bagi pengembang? Tidak perlu mengikuti prosedur penyalinan halaman atau migrasi situs web yang memakan waktu dan membosankan.

Caching bawaan

Jika Anda pernah diberitahu bahwa Joomla Cash adalah fitur yang paling menguntungkan dan ditakuti, Anda benar. Caching bawaan CMS Joomla membutuhkan waktu respons dan kinerja situs web ke tingkat yang lebih tinggi. Namun, jika disalahgunakan pada saat yang sama, konflik dapat muncul.

Fitur ramah mesin pencari

Joomla dibangun dengan optimasi mesin pencari. URL ramah SEO bawaan, deskripsi meta, kata kunci meta, tautan, dan fitur lainnya akan membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi. Memasarkan situs web Joomla Anda akan menjadi tugas yang mudah jika Anda memiliki pengetahuan dasar tentang SEO.

Berbagai template dan ekstensi tersedi

Joomla menawarkan sejumlah ekstensi dan template. Baik itu untuk mengintegrasikan jejaring sosial atau forum ke dalam situs web Anda, perpustakaan lengkap Joomla memiliki semuanya. Anda dapat menemukan ekstensi pihak ketiga yang melakukan hampir semua fungsi yang dibutuhkan situs web Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan ekstensi bawaan untuk fungsionalitas yang Anda butuhkan, Anda dapat memilih untuk membuatnya sendiri. Joomla adalah sistem yang dapat diperluas, sehingga Anda dapat menginstal ekstensi, memperluas fitur, dan menambahkan fitur baru. Fitur hebat lainnya adalah ketersediaan template untuk semua kebutuhan desain Anda.

Dukungan dari komunitas pengembang yang paling bersemangat. Joomla.org tidak hanya menawarkan berbagai alat pengembangan dan tutorial, tetapi juga memiliki komunitas besar pengembang dan desainer Joomla untuk membantu Anda. Komunitas online adalah tempat Anda dapat menemukan saran, kiat, dan trik.

Dukungan multibahasa, mesin yang dapat diperluas, keamanan, dan kompatibilitas browser Joomla menjadikannya pilihan yang sempurna untuk membangun portal web perusahaan, toko e-niaga, situs web bisnis kecil, portal berbasis komunitas, situs web pribadi, dan banyak lagi. Jika Anda mencari sistem manajemen konten yang sangat kuat, Pengembangan Joomla adalah pilihan terbaik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.