Mengapa WordPress Lebih Baik Dari CMS Lain Seperti Joomla, Drupal, Dll

Membangun situs web antara tahun 1998 dan 2007 adalah tugas yang sangat teknis yang membutuhkan pengalaman langsung profesional. Hanya seseorang dengan pengetahuan lengkap tentang HTML/CSS yang dapat berpikir untuk mengembangkan situs mereka sendiri dan menghasilkan uang melalui kehadiran online mereka.

Sungguh menakjubkan melihat bagaimana waktu dapat mengubah tren dan membuka kemungkinan baru bagi semua orang. Mitos bahwa hanya pengembang profesional yang dapat membangun situs adalah sesuatu dari masa lalu. Berkat sistem manajemen konten seperti WordPress, Drupal, Joomla, Blogger, dll. Hampir semua orang dapat dengan mudah melakukan ini.

sehat! Jika kita berbicara tentang CMS di atas, semuanya adalah perangkat lunak open source dengan fitur dan kelebihan yang unik. Masing-masing menawarkan platform siap pakai untuk pembuatan blog dan situs web, tetapi keduanya sebanding dalam hal kemudahan penggunaan, keamanan, teknologi, dan estetika.

Menariknya, WordPress adalah platform terbaik untuk mengambil mahkota CMS dari Drupal, Joomla, dan sistem manajemen konten lainnya. Platform manajemen konten yang paling ramah pengguna dan intuitif yang diposisikan di garis depan CMS mana pun.

Word Press memulai debutnya pada tahun 2003 dengan satu bit kode yang meningkatkan tipografi tulisan sehari-hari dan menggunakan lebih sedikit pengguna.

Sejak itu, ia telah berkembang menjadi alat blogging mandiri terbesar di dunia dan sekarang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Semua platform lain datang dengan beberapa kerumitan dan keterikatan, tetapi WordPress adalah CMS lengkap yang dapat digunakan oleh pemula dengan sedikit atau tanpa pengetahuan tentang pembuatan situs web.

Untuk memperjelas mengapa WordPress lebih baik daripada yang lain, mari kita lihat sekilas perbandingannya dengan CMS lain seperti Drupal dan Joomla.

1) Kemudahan penggunaan:

Joomla: Joomla berada di antara Drupal dan WordPress dalam hal keramahan pengguna.
Drupal: UI yang sangat kompleks. Hanya cocok untuk pengembang profesional.
WordPress: UI yang sangat kompleks. Hanya cocok untuk pengembang profesional.

2) Keterampilan yang dibutuhkan:

Joomla: Membuat situs web profesional di Joomla membutuhkan tingkat keahlian dan pengalaman teknis yang signifikan. Kurva belajar sedikit lebih curam dan dibutuhkan beberapa keterampilan untuk memahami.
Drupal: Ini membutuhkan tingkat profesionalisme dan pengalaman yang sangat tinggi. Ini memiliki kurva belajar yang sangat curam yang sulit dipahami oleh orang tanpa latar belakang teknis.
WordPress: Jumlah keterampilan yang dibutuhkan untuk menggunakan WordPress minimal. Cukup mendaftar untuk akun WordPress, pilih dari template yang tersedia, dan miliki konten yang bagus dan Anda siap untuk pergi.

3) Tema dan plugin:

Joomla: 900+ tema dan 7000+ plugin.
Drupal: 1800+ tema dan 24000+ plugin.
WordPress: 2000+ tema dan 27000+ plugin – lebih dari Joomla dan Drupal.

4) Fitur:

Joomla: Joomla adalah CMS kelas perusahaan yang sangat fleksibel dan mampu menangani data dalam jumlah besar.
Drupal: Untuk situs yang kompleks dan dapat disesuaikan, Drupal mungkin adalah pilihan terbaik.
WordPress: Antarmuka yang ramah pengguna dan abstraksi tingkat tinggi membuat WordPress menonjol dari semuanya. Ini adalah platform fleksibel yang tidak hanya menyediakan fitur dasar untuk startup, tetapi juga dapat digunakan di situs yang sangat kompleks.

5) fitur SEO:

Joomla: Joomla tidak SEO friendly. Dalam hal SEO, Anda harus berusaha keras untuk menentukan peringkat situs web Anda di Google.
Drupal: Drupal ramah SEO.
WordPress: Dengan plugin WordPress ‘All-in-One SEO’, Anda dapat langsung memulai blogging tanpa harus khawatir tentang SEO dalam halaman.

6) Gunakan kasus:

Joomla: Joomla memungkinkan Anda mengembangkan situs web yang memerlukan fleksibilitas struktural, jadi ini yang terbaik untuk situs web e-niaga dan jejaring sosial.
Drupal: Dapat digunakan untuk situs apa pun yang membutuhkan organisasi data yang kompleks.
WordPress: Memiliki kasus penggunaan terbaik untuk blog, situs web bisnis kecil, tetapi dapat mengungguli Joomla dan Drupal dalam hal fleksibilitas dan organisasi data dengan ekstensi dan dukungan plugin.

7) Situs yang menggunakan platform:

Joomla: Universitas Harvard, Kuis Jaringan MTV, Restoran iHOP, The Hill.
Drupal: Fastcompany, Linux, WarnerBros, Gedung Putih, Gula Tim.
WordPress: PlayStation Blog, Forbes, NASA Ames Research Center, CNN Political Ticker, Sony, The New York Observer.

Fakta-fakta yang disebutkan di atas saja sudah bisa menjelaskan mengapa WordPress begitu populer di kalangan masyarakat. Joomla dan Drupal masing-masing memiliki lebih dari 15 juta dan lebih dari 30 juta unduhan, tetapi WordPress sendiri memiliki lebih dari 140 juta unduhan, cukup untuk membuktikan bahwa mereka adalah raja dari semua CMS. Bagaimanapun, kredibilitas dan keandalan produk atau layanan apa pun dapat dibuktikan oleh basis penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.