Panduan Untuk Tema WordPress Kustom

WordPress adalah sistem manajemen konten sumber terbuka terbaik. Lebih dari 50% situs web di seluruh dunia menjalankan sistem manajemen konten ini, menjadikannya pilihan ideal jika Anda ingin membangun situs baru.

Menjadi platform open source memiliki keterbatasan, salah satunya adalah sebagian besar situs web akan terlihat mirip dengan pengguna situs tersebut.

Ini bisa menjadi kelemahan, terutama jika Anda menginginkan situs web yang sangat bermerek dan unik yang menonjol dari yang lain.

Untungnya, tema khusus memungkinkan Anda untuk menjaga situs unik dan bermerek Anda tetap berjalan di platform WordPress.

Apa itu tema WordPress kustom?

Tema untuk blog yang dibangun di atas sistem manajemen konten ini umumnya dibagi menjadi tema gratis dan tema premium.

Mereka biasanya tersedia untuk umum untuk diunduh. Template WordPress khusus, di sisi lain, adalah template premium yang tidak tersedia untuk diunduh secara publik.

Tema-tema ini telah dikembangkan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis spesifik Anda.

Siapa yang membuat template WordPress kustom?

Template khusus dapat dikembangkan oleh pengembang individu atau agensi. Kualifikasi utama untuk pengembang template WordPress adalah pemahaman tentang sistem manajemen konten dan teknologi yang digunakan untuk membangunnya, seperti PHP, JavaScript, dan CSS. Template yang dikembangkan harus kompatibel dengan satu atau lebih versi yang ada serta plugin dan widget yang tersedia.

Berapa biaya untuk mengembangkan tema?

Seperti halnya proyek desain dan pengembangan web, biaya tema WordPress khusus bergantung pada banyak faktor. Faktor-faktor ini meliputi:

Spesifikasi Tema

  • Perkiraan durasi proyek
  • Apakah Anda menyewa pengembang atau agensi swasta?
  • Layanan tambahan diperlukan di luar pengembangan

Berdasarkan ini dan faktor lainnya, biaya pengembangan template WordPress dapat berkisar dari ratusan hingga ribuan dolar. Selain itu, biaya untuk mengembangkan tema khusus lebih mahal daripada membeli tema premium.

Haruskah Anda berinvestasi dalam templat khusus untuk WordPress?

Meskipun biaya tinggi merupakan kelemahan utama yang terkait dengan pengembangan tema khusus, investasi ini sangat berharga jika Anda ingin:

1) Tema WordPress yang Benar-benar Anda Miliki

Tema premium menawarkan kepemilikan sebagian. Ini berarti Anda dapat menyesuaikan tema agar sesuai dengan kebutuhan spesifik situs web Anda. Namun, tema tetap dimiliki oleh pengembang yang membuatnya. Template khusus untuk WordPress memberi Anda kepemilikan penuh. Ketika template selesai, pengembang mentransfer kepemilikan kepada Anda. Selain mengedit, Anda dapat memberikan tema Anda secara gratis atau memberikannya kepada orang lain sebagai tema premium.

2) Anda memerlukan situs WordPress yang unik dan bermerek.

Jika Anda menginginkan tema yang terasa unik tanpa terlalu mirip dengan template premium dan gratis yang tersedia, template kustom adalah pilihan yang baik. Templat desain khusus memberi Anda kontrol lebih besar atas tampilan situs WordPress Anda setelah selesai. Anda juga dapat fokus pada fitur spesifik yang Anda inginkan di situs web Anda, tetapi tidak ada tema gratis atau premium yang akan menanganinya dengan baik.

Jika Anda baru memulai dengan situs WordPress dan ingin memiliki sumber daya keuangan, maka mengembangkan template khusus untuk situs Anda adalah pilihan yang baik. Tema khusus memberi Anda kontrol yang lebih baik dan memberi Anda kepemilikan penuh atas template Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.