Prosedur Klaim Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah wajib di India berdasarkan Undang-Undang Otomotif 1988. Asuransi mobil adalah asuransi yang menjamin risiko kerusakan mobil Anda dan risiko pihak ketiga yang timbul dari penggunaan mobil Anda.

Orang India tidak tertarik pada asuransi jiwa atau asuransi kesehatan, tetapi lebih tertarik pada asuransi mobil apakah mereka mengendarai skuter atau sepeda, mobil atau truk. Jika tidak, akan menjadi kejahatan jika seseorang terluka tanpa asuransi mobil.

Saat ini, setiap orang memiliki mobil sendiri, jalan raya penuh sesak, dan risikonya tinggi, sehingga perusahaan asuransi mobil meningkat dari hari ke hari dan klaim meningkat.

Namun seringkali pemegang polis tidak tahu persis apa yang bisa mereka lakukan untuk mendapatkan proses klaim asuransi mobil.

Pelajari cara mengklaim premi asuransi mobil Anda. Ini akan banyak membantu Anda.

Cara klaim asuransi mobil

Sangat mudah karena kami memahami prosedur ini langkah demi langkah dalam skenario yang berbeda.

Klaim Cedera Diri: Jika Anda mengalami kecelakaan dengan mobil Anda, Anda harus mengikuti langkah-langkah ini untuk mengajukan klaim.

Beri tahu penyedia layanan asuransi Anda – Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memberi tahu perusahaan asuransi Anda dan Anda harus menyerahkan formulir klaim yang diisi dengan benar kepada perusahaan asuransi bersama dengan dokumen yang diperlukan sebelum Anda mengirim mobil Anda ke bengkel untuk diperbaiki.

Formulir tersedia di situs web perusahaan asuransi. Sebagian besar perusahaan asuransi mengikuti pedoman ketat, yang dinyatakan dalam dokumen polis mereka.

Lodge FIR – Dalam beberapa kasus, First Information Report (FIR) diperlukan, jadi harap kirimkan FIR Anda ke kantor polisi terdekat untuk berjaga-jaga. Meskipun tidak diperlukan untuk penyelesaian klaim, kami menyarankan Anda untuk mengajukan FIR. Itu tergantung pada kondisi.

Penilaian Kerusakan – Saat Anda memberi tahu penyedia layanan asuransi Anda, mereka akan menunjuk seorang surveyor untuk menilai/menilai kerusakan mobil.

Dia akan menyiapkan laporan dan meneruskannya ke perusahaan asuransi. Anda juga dapat menerima salinan dan kemudian memindahkan mobilke bengkel jaringan terdekat untuk diperbaiki.

Catatan: Jika kerusakannya parah, penyelidik tiba di lokasi kecelakaan lebih awal untuk menyelidiki.

Penyelesaian Klaim – Segera setelah perusahaan asuransi menerima laporan investigasi, ia menganalisis permintaan klaim dan mengirimkan persetujuan ke bengkel.

Garasi harus memberikan perkiraan dan jadwal biaya perbaikan mobil. Perusahaan asuransi akan menghubungi bengkel jaringan untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang tingkat kerusakan dan bagaimana kemajuan pekerjaan perbaikan.

Ketika pekerjaan selesai, Anda perlu mengambil faktur dan dokumen yang ditandatangani dari garasi dan menyerahkannya kepada surveyor. Surveyor akan mengirimkannya ke perusahaan asuransi.

Setelah semua dokumentasi lengkap, penyedia asuransi akan mengganti tagihan. Perlu diingat bahwa ada beberapa komponen yang dapat dikurangkan dan variabel yang dapat dikurangkan sebagaimana tercantum dalam dokumen polis. Jika klaim teratasi dan mobil OK, Anda dapat mengendarainya kembali.

Proses klaim asuransi mobil untuk klaim pihak ketiga

Beri tahu penyedia asuransi Anda – Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memberi tahu penyedia Anda sesegera mungkin. Juga, ingatlah untuk tidak membuat janji keuangan kepada pihak ketiga.

Lodge FIR – Simpan FIR Anda di kantor polisi terdekat dan simpan salinan FIR Anda untuk referensi di masa mendatang.

Bagikan Dokumen Polis – Anda harus membagikan salinan polis asuransi mobil Anda kepada pihak ketiga agar Anda dapat mengklaim dokumen tersebut.

Klaim di Pengadilan Sepeda Motor – Berdasarkan Undang-Undang mobilBermotor tahun 1988, klaim tanggung jawab pihak ketiga dibawa ke Pengadilan Klaim Kecelakaan Sepeda Motor (MACT). Tuntutan dapat diajukan oleh pihak ketiga di pengadilan tempat tinggal atau terdekat dengan Anda.

Setelah menerima semua surat-surat, perusahaan asuransi akan memeriksa surat-surat, mengevaluasi kecelakaan dan, jika memuaskan, menyewa seorang pengacara.

Jika pengadilan kemudian memerintahkan pihak ketiga untuk membayar ganti rugi, perusahaan asuransi membayar pihak ketiga secara langsung.

Ada baiknya untuk melihat apakah situasinya dapat diselesaikan secara damai di luar pengadilan.

Klaim Pencurian: Jika mobil Anda dicuri, silakan ikuti prosedur di bawah ini.

Lodge FIR – Simpan FIR Anda di kantor polisi terdekat dan simpan salinan FIR Anda untuk referensi di masa mendatang.

Beri tahu penyedia asuransi Anda – Anda harus memberi tahu penyedia Anda sesegera mungkin dengan salinan FIR Anda.

Ketika Anda menerima laporan akhir dari departemen kepolisian, buat salinannya dan kirimkan ke perusahaan asuransi Anda.

Perusahaan asuransi akan menugaskan seorang penyidik. Penyidik ​​melengkapi laporan dan menyerahkannya kepada perusahaan asuransi.

Setelah selesai, serahkan buku mobil RC yang dicuri ke perusahaan asuransi Anda.
Kirimkan salinan kunci mobil dan formulir subrogasi Anda. Anda juga harus menyerahkan kompensasi yang diaktakan di atas kertas bermaterai.

Setelah semuanya selesai, perusahaan asuransi membayar klaim

Sangat penting untuk mengetahui format proses klaim asuransi mobil. Jika tidak, banyak orang yang membayar untuk kekurangan informasi ini.

Semua penyedia layanan asuransi saat ini memiliki jaringan dukungan pelanggan yang sangat baik dan tim mereka terampil dan kooperatif, sehingga mereka perlu berkomunikasi dengan perusahaan asuransi kapan pun diperlukan.

Saya harap prosedur ini tidak perlu. Ada seseorang yang menunggumu, jadi tolong mengemudi dengan aman.

Mencari konten untuk situs web atau blog asuransi khusus? Jika Anda ingin meningkatkan penjualan Anda 50 hingga 100 kali lipat dengan mempromosikan situs web atau blog Anda, jangan ragu untuk menghubungi RS Seo Services Solution.

Gunakan layanan penulisan dan pengiriman artikel kami untuk membuat dan mempromosikan konten yang unik dan menarik.

Tim penulis kami dapat menulis pengoptimalan mesin telusur dan konten yang menarik untuk tema atau situs web apa pun.

Daftarkan produk atau layanan terkait asuransi Anda di direktori web asuransi dengan harga yang sangat terjangkau. Kami juga menawarkan posting blog tamu di blog optimisasi mesin pencari kami dengan biaya yang sangat wajar.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.